Cara Membuat Halaman Blog Refresh Otomatis

Cara Membuat Auto Refresh Halaman Blog, Auto Refresh Meta Tag, Kode HTML Auto Refresh menggunakan kode HTML, Membuat Halaman Refresh Otomatis

Cara Membuat Halaman Blog Refresh Otomatis - Tutorial Blogger kali ini membahas mengenai  Cara Membuat Auto Refresh di Blog dengan menggunakan Meta Tag Auto Refresh. Meta Tag ini berfungsi untuk melakukan reload atau memuat ulang tampilan halaman situs web. biasanya auto refresh ini digunakan untuk web yang sering melakukan perubahan pada isi konten mereka. misalnya, situs berita, situs forum, atau situs iklan baris.

Meta tag auto refresh juga digunakan oleh beberapa pemilik situs untuk meningkatkan jumlah page view halaman mereka, terutama untuk para publisher iklan.

Ada dua cara untuk membuat halaman blog menjadi reload otomatis. Yang pertama menggunakan bantuan  kode Javascript, dan kedua, menggunakan meta tag auto refresh.

Meta Tag Auto Refresh


Meta tag merupakan elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang memiliki fungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web.

Meta tag Auto Refresh merupakan meta tag yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada browser untuk memuat kembali halaman situs dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.


Cara Membuat Halaman Reload Otomatis menggunakan Meta Tag Autor Refresh

Silahkan salin kode meta tag dibawah ini, kemudian simpan kode tersebut sesudah kode <head> atau sebelum kode </head> pada template blog sobat.

<meta http-equiv="refresh" content="90">

Angka "90" merupakan jumlah waktu yang digunakan browser untuk memuat kembali halaman blog. jika sobat ingin membuat halaman menjadi reload ulang setiap 5 menit sekali, maka gunakan angka "300"

Memasang auto Refresh halaman blog menggunakan Javascript

Silahkan salin kode javascript dibawah ini, kemudian simpan kode tersebut sesudah kode <head> atau sebelum kode </head> pada template blog.

<script>
<!--
var limit="5:00"
if (document.images){
var parselimit=limit.split(":")
parselimit=parselimit[0]*60+parselimit[1]*1}
function beginrefresh(){
if (!document.images)
return
if (parselimit==1)
window.location.reload()
else{
parselimit-=1
curmin=Math.floor(parselimit/60)
cursec=parselimit%60
if (curmin!=0)
curtime=curmin+" minutes and "+cursec+" seconds left until page refresh!"
else
curtime=cursec+" seconds left until page refresh!"
window.status=curtime
setTimeout("beginrefresh()",1000)}}
window.onload=beginrefresh
//-->
</script>

Perhatikan kode var limit="5:00". kode ini merupakan waktu kapan halaman web akan me-reload kembali. silahkan ganti sesuai keinginan sobat.

Dari kedua cara diatas, sobat bisa mencoba salah satu diantaranya. walaupun caranya berbeda, keduanya berfungsi untuk memuat kembali halaman situs web. Demikian mengenai Cara Membuat Auto Refresh Halaman Blog semoga bermanfaat untuk Anda. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini, terimakasih dan selamat mencoba.