Manfaat HTTPS/SSL pada Kualitas SEO Website

Manfaat HTTPS/SSL pada Kualitas SEO Website

Kelebihan atau Manfaat menggunakan HTTPS/SSL pada Kualitas SEO Website - Banyak sekali pemilik situs yang ingin website mereka berada peringkat paling atas pada hasil mesin pencari seperti Google. Untuk mendapatkan posisi tersebut, sebuah website atau situs blog harus memiliki kualitas SEO yang bagus.

Kabar baiknya, Google secara terbuka mengakui bahwa mereka akan memprioritaskan situs yang menggunakan HTTPS dalam hasil pencarian mereka.

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kualitas SEO website, maka ini merupakan artikel yang tepat karena pada kali ini saya akan menjelaskan mengenai Apa itu HTTPS/SSL, Fungsi HTTPS, Kelebihan dan kekurangan menggunakan HTTPS, Apa pengaruhnya terhadap SEO, dan bagaimana Cara Mendapatkan HTTPS atau SSL Gratis untuk situs Blog kamu.

Apa itu HTTPS?

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Ini adalah protokol komunikasi internet yang mengenkripsi data sehingga tidak dapat disadap dan dimanfaatkan oleh pihak ketiga.

Situs HTTPS menggunakan protokol SSL atau TLS untuk mengamankan transfer data dan memastikan bahwa itu tidak diubah atau rusak ketika di akses.

Situs yang menggunakan enkripsi ini terdapat tulisan HTTPS:// pada bilah alamat browser, juga terdapat ikon gembok.

Manfaat HTTPS/SSL pada Kualitas SEO Website
Contoh https://www.panduanblog.id

Fungsi HTTPS

HTTP tidak dienkripsi dan rentan terhadap serangan cyber dan dapat memberikan akses kepada penyerang untuk mendapatkan informasi yang sensitif seperti transaksi keuangan, modifikasi halaman web untuk menyuntikan software berbahaya. Sedangkan HTTPS dibuat untuk mencegah serangan semacam itu dan dianggap aman terhadap serangan cyber.

Keuntungan menggunakan Sertifikat SSL (HTTPS) untuk Website


1. Website atau situs blog kamu akan terlihat profesional dan terpercaya.
2. Sertifikat SSL akan membuat koneksi yang aman antara pengunjung dan situs.
3. Dengan menggunakan HTTPS, peringkat website atau situs blog di Google dan mesin pencari lainnya akan meningkat.

Manfaat signifikan dari penggunaan HTTPS adalah peningkatan peringkat SERP, dan Google akan memberi peringkat 30% dari situs web di halaman pertama yang disertifikasi SSL, sehingga kamu memiliki kesempatan yang besar untuk membuat blog kamu lebih SEO Friendly dan mengalahkan pesaing kamu.

Kekurangan menggunakan HTTPS

Saat melakukan migrasi dari HTTP ke HTTPS, lalu lintas situs akan menurun selama beberapa waktu sampai Google merayapi dan mengindeks semua URL Situs kamu dengan HTTPS.

Kenapa Sertifikat SSL bagus untuk SEO?

Selain memberikan koneksi yang aman antara pengunjung dengan situs yang dikunjungi, sertifikat SSL juga meningkatkan pengoptimalan mesin telusur Anda, atau SEO.

Google secara terbuka akan lebih mendahulukan situs yang memiliki sertifikat SSL atau situs yang dimulai dengan HTTPS. Dengan kata lain, situs yang memverifikasi kepemilikan dan melindungi privasi dan transaksi pengguna akan berperingkat lebih tinggi di Google daripada yang tidak.

Bagaimana Cara Menggunakan HTTPS untuk situs Blog?

Untuk menggunakan atau mengaktifkan fitur https untuk blog di blogger, baik untuk alamat blogspot atau domain khusus, kamu bisa mengaktifkan ketersediaan HTTPS dengan cara mengunjungi menu Setelan di halaman dasbor blogger.

Cara Menggunakan HTTPS untuk situs Blog

Setelah kamu mengaktifkan ketersediaan HTTPS, mungkin situs blog kamu tidak akan bisa di buka untuk beberapa saat. Biasanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit. Kamu juga bisa mengaktifkan pengalihan HTTPS agar alamat situs di alihkan secara otomatis ke alamat HTTPS.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat HTTPS/SSL pada Kualitas SEO Website semoga bermanfaat untuk Anda.

1 komentar untuk "Manfaat HTTPS/SSL pada Kualitas SEO Website"

Comment Author Avatar
untuk aja fitur https di blogger gratis..

Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.