6 Kelebihan Pemasaran Online dibandingkan Offline

Apa kelebihan pemasaran online dibandingkan dengan pemasaran secara offline? Ketika berbicara mengenai tujuan pemasaran, intinya adalah menyampaikan produk atau layanan kita kepada orang-orang untuk meningkatkan penjualan. Seperti yang kita ketahui saat ini kita sedang memasuki era-nya serba digital. Banyak orang yang mulai meninggalkan pemasaran offline dan mulai beralih ke pemasaran online mengingat masyarakat kita sekarang sudah nyaman dengan kehadiran teknologi digital.

Pemasaran online atau istilah lainnya yaitu online marketing adalah kegiatan untuk memasarkan sebuah produk atau layanan kita dengan menggunakan teknologi digital dan internet, seperti website, media sosial, marketplace, dan lainnya. Salah satu contoh orang yang bekerja di bidang ini adalah digital marketing. Orang yang bekerja di bidang ini harus bisa memilih strategi marketing apa yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

Sedangkan pemasaran offline atau offline marketing merupakan kegiatan memasarkan sebuah produk atau layanan yang menggunakan cara tradisional seperti papan reklame, TV, koran, majalah, dan brosur. Saat ini sejumlah perusahaan juga masih menerapkan pemasaran yang dilakukan secara offline karena strategi tersebut masih relevan bagi perusahaan mereka.

kelebihan pemasaran online dibandingkan pemasaran offline

Kelebihan Pemasaran Online dibandingkan Pemasaran Offline

Berikut ini beberapa kelebihan dari pemasaran yang dilakukan secara online dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan secara offline:

1. Dapat menargetkan audiensi

Dengan menggunakan pemasaran online, Anda dapat menjangkau audiensi yang sesuai dengan kriteria Anda. Salah satu cara untuk menargetkan audiensi tersebut adalah dengan menggunakan layanan iklan seperti Google Ads dan Facebook Ads. Dengan menggunakan cara tersebut Anda dapat menjangkau audiensi yang relevan berdasarkan perilaku dan demografi mereka.

Berbeda dengan pemasaran yang dilakukan secara offline yang sifatnya penyiaran atau broadcast sehingga kita tidak dapat mengetahui apakah pesan kita tersampaikan pada audiensi yang tepat atau tidak.

2. Menghemat biaya

Selain menggunakan iklan yang berbayar, Anda juga dapat melakukan pemasaran online tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Dalam dunia digital marketing, istilah ini disebut organic channel yaitu pemasaran yang dilakukan tanpa mengeluarkan biaya. Contoh dari penggunaan organic channel adalah content marketing, search engine optimization (SEO), social media, email marketing, dan masih banyak lagi.

Sedangkan pemasaran offline umumnya menggunakan media seperti televisi, koran, majalah, dan billboard, yang memakan biaya sangat tinggi untuk beriklan.

3. Mendapatkan feedback

Dengan pemasaran online, Anda bisa mendapatkan umpan balik dari para pelanggan. Pelanggan bisa memberitahu pengalaman mereka setelah menggunakan produk atau layanan yang memungkinkan Anda untuk melakukan evaluasi. Salah satu contoh dari feedback ini adalah ulasan di Google yang terkait dengan bisnis Anda.

4. Terhubung dengan pelanggan

Dengan kehadiran internet, kini kita bisa selalu terhubung dengan para pelanggan secara langsung. Dalam dunia digital marketing, cara untuk selalu terhubung dengan para pelanggan adalah dengan menggunakan customer relationship management (CRM) seperti email marketing. Kita dapat mengirimkan newsletter kepada para pelanggan mengenai diskon atau produk dan layanan terbaru kita.

5. Menghemat waktu

Pemasaran online dapat menghemat waktu. Bayangkan berapa lama yang dibutuhkan orang-orang untuk menemukan informasi mengenai sebuah produk maupun jasa di internet. Dengan pemasaran secara online, Anda dapat menyampaikan pesan kepada banyak pelanggan secara langsung yang tentunya dapat menghemat waktu. Ini juga berlaku ketika pelanggan melakukan pembelian secara online.

6. Mendapatkan hasil secara langsung

Dengan menggunakan pemasaran secara online, kita dapat mengetahui hasil atau performa secara langsung. Pemanfaatan fitur statistik pada media sosial, atau pada layanan iklan seperti Google Ads, Google Search Console, dan lainnya, kita dapat mengukur hasil kampanye kita secara langsung.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan pemasaran yang dilakukan secara online dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan secara offline. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini, dan jangan lupa kunjungi artikel lainnya mengenai digital marketing di blog ini.

Ahmad Farhan Halo, perkenalkan nama saya Ahmad Farhan, seorang Blogger yang memiliki ketertarikan di dunia Digital Marketing dan Web Development.

7 Komentar untuk "6 Kelebihan Pemasaran Online dibandingkan Offline"

  1. Untuk kebutuhan pemasaran online, mana yang lebih efektif antara SEO dan SEM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kebutuhan. Jika pemasaran online dilakukan untuk jangka pendek, sebaiknya gunakan SEM. Tapi jika pemasaran online dilakukan untuk jangka panjang, sebaiknya gunakan SEO.

      Hapus
  2. Di beberapa perusahaan, offline marketing masih dilakukan karena sesuai dengan kebutuhannya. Bagaimanapun juga pemanfaatan online marketing saat ini merupakan hal yang tepat mengingat masyarakat juga mulai terbiasa dengan internet.

    BalasHapus
  3. Pembahasan yang menarik. Terima kasih banyak sudah berbagi.

    BalasHapus
  4. Terima kasih banyak sekarang saya paham perbedaan pemasaran online dan offline. juga terima kasih sudah menjawab pertanyaan saya di Quora Indonesia.

    BalasHapus
  5. Apa ada rekomendasi platform review untuk menampung feedback?

    BalasHapus
Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel