Apa keuntungan jika blog dikelola secara bersama-sama?

Pernah gak sih teman-teman berpikir kira-kira apa jadinya jika situs blog dikelola secara bersama-sama? Nah, pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan beberapa keuntungannya dari berbagai sisi, persiapan, dan hal-hal lainnya yang perlu diketahui, apalagi jika situs blog yang akan dikelolanya menggunakan platform Blogger.

Apa itu Blog?

Singkatnya, Blog merupakan media yang bisa kita gunakan untuk mempublikasikan tulisan kita ke internet. Dengan begitu, tulisan kita bisa dibaca oleh siapapun, kapanpun, dan dimana saja, asalkan dapat terhubung ke internet. Istilah Blog sendiri diambil dari kata Weblog, namun dengan seiring berjalannya waktu, kini istilah itu berganti menjadi Blog.

Dalam pembuatannya sendiri, saat ini banyak layanan di internet yang menyediakan tempat untuk membuat blog seperti WordPress, Medium, Wix, Weebly, dan salah satunya yang banyak digunakan adalah Blogger.

Apa kelebihan Blogger.com?

  • Semua layanan yang tersedia di Blogger dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis asalkan memiliki akun Google.
  • Sistem manajemen konten yang sederhana dan mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.
  • Gratis sertifikasi SSL (HTTPS) yang berguna untuk menjaga keamanan situs.
  • Dapat mengundang penulis lainnya untuk ikut berpartisipasi.
  • Terdapat fitur custom domain yang berguna jika ingin mengganti alamat domain menjadi .COM, .ID, .NET, dan lainnya.
  • Blogger menyediakan tema blog yang sederhana, juga dapat melakukan custom menggunakan template lainnya yang tersedia di internet.
  • Memiliki pengaturan tata letak, atau widget situs yang mudah diatur.
  • Dapat dihubungkan dengan akun Google AdSense jika ingin mendapat penghasilan dari iklan display.
  • Memiliki fitur meta tag yang berguna untuk kebutuhan SEO (Search Engine Optimization).
  • Terdapat fitur backup jika ingin memindahkan konten blog ke blog lainnya.
  • Dan masih banyak lagi.
apa keuntungan jika blog dikelola secara bersama-sama


Keuntungan jika Blog dikelola secara bersama

  • Dengan melibatkan banyak penulis, maka blog dapat memproduksi lebih banyak konten, post, atau artikel.
  • Para penulis bisa memproduksi konten sesuai dengan minatnya masing-masing. Misalnya penulis ke-1 membahas tentang komputer, kemudian penulis ke2 membahas tentang internet, dan penulis ke-3 membahas tentang gadget. Atau jika blog membahas satu tema, maka penulis lainnya bisa fokus menulis satu tema saja.
  • Dapat membagikan tugas masing-masing seperti keperluan content marketing, optimasi mesin pencari, pembuatan backlink, promosi ke media sosial, mencari ide pembahasan, mendesain tampilan blog, dan lain-lainnya.
  • Para penulis bisa saling berinteraksi dengan berkomentar pada postingan yang dibuat oleh penulis lainnya agar blog menjadi lebih hidup.
  • Jika memungkinkan, para penulis bisa mendaftar ke Google AdSense masing-masing, dan menampilkan iklan pada postingan masing-masing.
  • Dapat saling berbagi ilmu dengan penulis lainnya.
  • Dengan melibatkan banyak pengelola maka blog dapat berkembang dengan baik.

keuntungan jika blog dikelola secara bersama-sama


Cara Menambahkan Penulis dan Admin Baru di Blogger.com

Bila teman-teman ingin menambahkan penulis dan juga admin baru, agar lebih mudah mengikuti panduan ini, pastikan akun Blogger teman-teman sudah menggunakan Bahasa Indonesia di pengaturannya.

Langkah 1: Masuk ke Blogger.com, kemudian pilih blog yang mau digunakan.

Langkah 2: Masuk ke menu Setelan, kemudian pilih Undang lebih banyak penulis.

undang lebih banyak penulis


Langkah 3: Masukkan alamat email penulis yang ingin kamu undang, kemudian klik Kirim.

masukkan alamat email penulis yang ingin di undang.


Langkah 4: Minta penulis yang kamu undang untuk memeriksa email karena undangan yang kamu kirim akan masuk ke email mereka, kemudian minta mereka untuk klik Terima undangan.

minta penulis untuk menerima undangan


Langkah 5: Setelah berhasil mengundang, kamu juga bisa memberi izin kepada mereka sebagai Admin atau Penulis saja. Hal yang perlu teman-teman ketahui bahwa Admin dapat menghapus siapa saja yang berpartisipasi di blog tersebut. Sebaiknya hati-hati jika ingin menambahkan Admin lainnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan ini kita tau apa saja keuntungan jika blog dikelola secara bersama-sama. Ini merupakan salah satu cara agar situs blog bisa berkembang lebih baik karena melibatkan banyak orang dalam pengelolaannya sehingga urusan pekerjaan lebih mudah dikerjakan.

Itulah pembahasan mengenai keuntungan jika blog dikelola secara bersama, semoga tulisan ini memberikan informasi yang berguna untuk teman-teman semuanya. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar yang tersedia di halaman ini, dan terima kasih banyak sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Apa keuntungan jika blog dikelola secara bersama-sama?"