Ingin Sewa Mobil Lepas Kunci? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini

sewa mobil saat liburan

Saat berpergian ke luar kota, menyewa mobil yang bisa lepas kunci adalah salah satu pilihan agar dapat dengan bebas mengunjungi tempat wisata di kota tersebut. Walaupun harus menyetir, namun menyetir di tempat wisata dengan tujuan untuk berlibur tentu lebih menyenangkan.

Kamu bisa nih menggunakan aplikasi Traveloka untuk sewa mobil saat liburan, baik dengan supir ataupun tanpa supir alias lepas kunci. Namun, walaupun syaratnya mudah dan terjangkau, kamu perlu paham beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat sewa mobil lepas kunci.

1. Pilih Pengemudi

Biasanya, opsi sewa mobil dipilih saat berpergian dengan jumlah orang yang banyak seperti 5 atau 6 orang sekaligus. Dibandingkan menyewa sepeda motor, sewa mobil lebih masuk akal dan juga praktis.

Namun, saat memilih pengemudi mobil, usahakan pengemudi sudah memiliki SIM dan sudah terbiasa menyetir. Menyetir di jalan atau tempat baru perlu adaptasi, mulai dari jalanan hingga kebiasaan pengguna jalan lainnya.

Hindari memilih pengemudi yang mudah panik atau tidak terbiasa menyetir. Karena, selain membahayakan dan melanggar peraturan hukum, bukan tidak mungkin mobil yang disewa akan terkena baret sehingga kamu perlu membayar biaya perbaikan.

2. Jaga Kebersihan

Saat berwisata, sangat mungkin untuk mampir ke tempat oleh-oleh lalu membawa pulang barang seperti makanan atau hasil bumi seperti buah khas daerah tertentu. Atau, saat sedang mampir ke suatu tempat, membeli jajanan khas dan menyantapnya di mobil juga jadi pilihan yang menarik.

Namun, kamu perlu ingat untuk selalu menjaga kebersihan mobil yang kamu sewa. Walaupun tidak ada larangan mengenai makan atau minum di dalam mobil sewaan, sebaiknya kamu tetap menjaga kebersihan kabin mobil. Jika kabin mobil bersih, maka kamu pun juga akan merasa nyaman, kan?

Hal ini juga bisa menjadi patokan kamu saat memilih mobil yang akan kamu sewa. Perhatikan kebersihan kabin mobil yang kamu sewa, agar perjalanan tetap nyaman dan menyenangkan, serta terhindar dari bau yang tidak sedap.

3. Perhatikan Muatan!

Ada banyak jenis mobil yang bisa disewa, mulai dari city car hingga LMPV. Biaya tiap jenis mobil pun berbeda, biasanya semakin kecil ukuran mobil, maka semakin murah. Namun, hal tersebut bukan berarti kamu bisa menyewa sebuah city car dengan penumpang yang melebihi kapasitas.

Contoh, kamu memilih untuk menyewa satu unit Honda Brio yang akan diisi oleh 5 penumpang, berarti dengan pembagian tiga penumpang di belakang. Walaupun terlihat cukup, namun hal tersebut sudah melebihi muatan normal mobil, lho! Selain berbahaya, hal tersebut tentu juga tidak nyaman.

Sebaiknya, sewa mobil yang lebih besar seperti jenis LMPV Honda Mobilio. Karena dapat memuat hingga 7 penumpang, kamu bisa memanfaatkan bagasi yang luas untuk barang pribadi ataupun oleh-oleh yang kamu beli.

4. Sabar!

Berkaitan dengan poin nomor satu, pengemudi yang dipilih harus lebih sabar saat mengemudi. Pertama, mobil yang dikendarai adalah kendaraan sewa, alias jika ada lecet atau penyok, maka sudah pasti kamu akan terkena biaya perbaikan.

Lalu hal lainnya adalah kamu berada di kota orang, dengan budaya dan latar belakang yang berbeda-beda. Sebaiknya, hindari pertikaian di jalan raya jika tidak begitu penting agar tidak terjadi hal yang tidak menyenangkan.

Jangan juga memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Jika kamu berlibur ke desa atau tempat yang masih sepi, sudah pasti jalanan lebih lenggang. Bukan berarti kamu bisa memacu kendaraan melebihi batas kecepatan, ya!

5. Pahami Medan

Karena sedang berkunjung ke kota wisata, pemahaman akan medan kota tersebut tentu masih minim. Jika ingin ke suatu destinasi dan harus melewati medan yang cukup sulit seperti melewati tanjakan curam, sebaiknya hindari medan tersebut.

Jika kamu masih ragu untuk melewati jalanan yang menanjak, sebaiknya meminta bantuan kepada pihak penyewa yaitu Traveloka untuk berkonsultasi mengenai jalan alternatif. Selain itu, jika terjadi hujan deras dan ada banjir yang cukup tinggi, kamu harus memahami terlebih dahulu jenis mobil yang dipakai.

Jika menggunakan city car dan tinggi banjir sudah setengah ban, sebaiknya berputar dan cari jalan lain. Jangan paksakan mobil melewati banjir, karena bisa-bisa air masuk kedalam mesin dan meyebabkan mesin mengalami overheat.

6. Pilih Penyedia Rental

Di aplikasi Traveloka, kamu tidak hanya bisa memilih jenis mobil yang diinginkan, namun juga bisa memilih jenis transmisi yang kamu pahami serta memilih penyedia rental.

Di Traveloka, penyedia rental mobil memiliki rating atau penilaian yang dapat kamu jadikan patokan untuk memilih penyedia. Lalu, ada juga kolom “yang disukai traveler” untuk melihat kelebihan dari penyedia rental.

Penyedia rental akan dinilai dari beberapa aspek, seperti kebersihan mobil, perawatan mesin mobil, serta kenyamanan kursi mobil. Lalu, ada keterangan berupa asuransi mobil dan juga kebijakan bisa refund jika kamu batal menggunakan jasa penyedia rental.

Harga sewa mobil di Traveloka pun beragam, tergantung pada jenis mobil, jenis transmisi, durasi penyewaan, dan juga sewa mobil dengan supir atau tanpa supir.

Sewa mobil di Traveloka jadi ga perlu khawatir lagi soal kebersihan dan juga kenyamanan. Selain sewa mobil, Traveloka juga menyediakan sewa motor dengan harga yang terjangkau dan juga mudah.

7 komentar untuk "Ingin Sewa Mobil Lepas Kunci? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini"

Comment Author Avatar
Barusan aku cek di Traveloka ternyata harga sewa mobil nya murah banget.
Comment Author Avatar
Pembahasan yang menarik, terima kasih banyak sudah berbagi
Comment Author Avatar
Sama-sama. Semoga bermanfaat.
Comment Author Avatar
Kalau nyetir sendiri lebih enak sebenarnya karena kita punya privasi, mungkin sewa mobil lepas kunci juga jadi pilihan tepat untuk orang seperti aku.
Comment Author Avatar
Setuju. Jadi bisa ngobrol bebas bareng keluarga atau teman.
Comment Author Avatar
Thanks kak sudah berbagi tentang hal yang harus diperhatikan ketika memilih sewa mobil yang bisa lepas kunci
Comment Author Avatar
Sama-sama, semoga bermanfaat.

Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.