17 Apr 2018

Cara Mendaftar Google AdSense di Blogger

Cara Mendaftar Google AdSense di Blogger - Apakah Anda sudah siap mendaftarkan situs blog Anda ke Google AdSense? Berikut ini pembahasan mengenai langkah-langkah untuk mendaftar ke Google AdSense, beserta persiapan yang wajib terpenuhi agar proses permohonan dengan mudah diterima.

Sebelum memulai, saya ingin menjelaskan sedikit mengenai Google AdSense.

Google AdSense merupakan program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh perusahaan Google.

AdSense merupakan cara paling sederhana dan gratis untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Bagi anggota (juga disebut publisher/pengiklan) yang sudah terdaftar dan sudah berhasil melewati tahap review, berkesempatan untuk menampilkan iklan bertarget di situs mereka.

Dengan iklan yang bertarget tersebut, pengiklan dapat menampilkan iklan yang menarik dan relevan untuk pengunjung situs, bahkan dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa iklan agar sesuai dengan situs web Anda.

Pengiklan juga dapat menggunakan berbagai ukuran dan format iklan, serta mengubah tampian iklan agar dapat menyesuaikan dengan tampilan situs web.

Pengiklan akan mendapatkan penghasilan jika iklan yang terpasang di situs mereka mendapatkan klik dari pengunjung. Penghasilan nantinya akan dikumpulkan kedalam akun pengiklan dan akan dikirim setelah mencapai jadwal pembayaran. Pengiklan juga dapat menentukan metode pembayaran yang ingin digunakan. Misalnya transfer bank atau melalui cek.

Cara Mendaftar ke Google AdSense di Blogger, Cara Daftar Google AdSense, Pendaftaran Google AdSense

Persiapan Mendaftar ke Google AdSense

Mendapatkan penghasilan dari AdSense memang terdengar sangat mudah. Tapi kenyataannya, tidak semua orang dapat diterima menjadi publisher google adsense. Walaupun begitu, ada beberapa persiapan yang harus Anda penuhi untuk mempermudah pengajuan. Berikut ini persiapannya:

Pastikan Anda sudah membaca Persyaratan dan Ketentuan, juga Kebijakan Program AdSense dari Google. Pada halaman tersebut dijelaskan mengenai syarat untuk mendaftar Google AdSense dan hal apa saja yang boleh dan tidak boleh di lakukan. Bagi pengiklan yang melanggar kebijakan tersebut akan mendapatkan hukuman berupa penangguhan akun selama 30 hari atau permanent.

Meningkatkan Kualitas Konten

1. Pastikan situs Anda sudah memiliki konten yang berkualitas, asli, bebas hak cipta, dan sesuai dengan ketentuan kebijakan AdSense agar permohonan akun diterima.

Buat situs Anda kaya dengan konten asli. Konten hasil salinan dari situs lain, baik itu berupa tulisan atau gambar yang dilindungi hak cipta, dapat menyebabkan permohonan Anda ditolak.

Buatlah sub-halaman pada situs Anda agar terlihat lebih profesional. Saat Anda mendaftar, Google akan melihat-lihat situs Anda untuk menilai profesionalitasnya. Oleh karena itu, gunakan sub-halaman untuk membantu meningkatkan citra situs di mata Google.

Buatlah halaman disclaimer, terms of service, dan privacy policy pada situs. Pastikan tidak ada kesalahan eja atau tata bahasa pada halaman tersebut.

Pastikan halaman kontak berisi informasi yang jelas mengenai Anda karena Google ingin memastikan keaslian data yang telah dikirimkan ketika mendaftar. Buatlah halaman berisi tentang biodata Anda. Sesuaikan nama dan alamat yang muncul di situs dengan data informasi yang Anda masukan saat mendaftar Google AdSense. Jelaskan juga tujuan Anda membuat situs secara jelas.

2. Buatlah konten yang banyak. Pastikan situs Anda memiliki artikel yang berkualitas dan asli. Anda juga dianjurkan memiliki sekitar 15 sampai 40 artikel berkualitas di situs Anda sebelum mendaftar ke AdSense. Pastikan Anda menulis konten dengan menggunakan kata yang jelas, juga gunakan gambar pada isi konten. Halaman yang kosong dapat menurunkan kesempatan permohonan anda diterima.

Ada baiknya Anda menyiapkan 2 artikel yang panjang, yakni di atas 2000 kata (minimal 500 kata), pada situs. Google menganjurkan untuk memiliki setidaknya 50 halaman berisi artikel. Google akan menganggap kurang layak jika konten hanya memiliki 200 kata.

3. Buat konten yang sesuai. Anda dianjurkan menulis tentang topik yang Anda sukai. Tapi, jika Anda memiliki artikel berkualitas mengenai topik tertentu, situs Anda mungkin akan cepat diterima oleh Google.

Beberapa topik prioritas untuk AdSense di antaranya mengenai perjalanan, gaya hidup, kesehatan, hukum, dan bisnis.

Google akan menolak permohonan Anda jika terdapat konten yang memiliki unsur kebencian, sara, atau unsur lainnya yang melanggar kebijakan program adsense, serta hukum yang berlaku di Indonesia.

4. Miliki situs yang seimbang. Anda dapat menggunakan gambar atau media lain untuk memperkuat konten situs Anda. Permohonan akan dianggap sebalah mata jika situs Anda dipenuhi teks tanpa gambar yang menarik.

Gunakan jumlah tautan internal dan eksternal dalam situs secukupnya. Situs Anda akan dianggap sebagai situs spam jika di dalamnya terdapat terlalu banyak eksternal. Pastikan juga tidak ada tautan yang rusak atau mati.


Meningkatkan Kualitas Situs

1. Pastikan situs Anda memiliki jumlah pengunjung. Jika situs Anda banyak dikunjungi orang, permohonan mungkin akan lebih cepat diterima. Situs Anda juga tidak memerlukan terlalu banyak pengunjung untuk mendaftar Google AdSense.

Anda tidak dapat mendaftarkan situs ke AdSense jika tidak memiliki umur yang matang. Segra ajukan permohonan jika situs Anda mulai dikunjungi orang. Kunjungan ke situs akan menjadi salah satu pertimbangan dalam proses persetujuan akun. Anda disarankan memiliki setidaknya 50 pengunjung per hari.

2. Jangan memasang iklan dari pihak ketiga di situs Anda. Pastikan Anda tidak memasang iklan lain di situs Anda, permohonan akun AdSense mungkin akan ditolak.

3. Desain situs dengan baik. Desain situs Anda sangat berpengaruh pada proses pendaftaran. Jika situs Anda terlihat rapi, profesional, juga dirancang dengan baik, permohonan AdSense lebih memungkinkan diterima.

Pastikan situs Anda memiliki navigasi yang baik. Jangan gunakan navigasi yang terlalu ramai, atau dipenuhi dengan grafis, ikon atau animasi. Buatlah navigasi situs yang terdiri dari kepala situs (header), bilah pinggir berisi konten (sidebar), kaki situs (footer), dan seterusnya.

Gunakan warna yang profesional dan terlihat nyaman serta tidak mengganggu pengunjung situs ketika sedang membaca konten. Anda dianjurkan menggunakan warna yang bersih, misalnya perpaduan warna putih dan biru, atau putih dan merah, atau warna lainnya.

4. Gunakan kode Google Analytics pada situs Anda. Google Analytics merupakan program yang terpisah yang ditawarkan oleh Google untuk memudahkan pemiliki situs web melacak berbagai data yang terkait dengan situs, misalnya jumlah kunjungan, berapa lama pengunjung mengunjungi situs Anda, dan data informasi lainnya.

Jika Anda memasang Google Analytics pada situs, Google akan memandang Anda sebagai pemilik situs yang serius.

Anda juga dapat mendaftar ke Google Webmaster secara gratis yang dapat memungkinkan Anda melacak kesalahan pada situs dan memperbaikinya.

Google AdSense Logo, Cara Daftar Google AdSense di Blogger

Cara Daftar Google AdSense di Blogger

1. Masuk ke Blogger.

2. Pilih menu Penghasilan, kemudian klik Daftar ke AdSense.

Cara Mendaftar ke Google AdSense melalui Blogger, Cara Daftar AdSense di Blogspot, Cara Daftar AdSense di Blog

3. Selanjutnya, silahkan pilih akun Google yang akan Anda gunakan untuk mendaftar ke Google AdSense.

4. Silahkan masukan url alamat situs yang akan Anda daftarkan, kemudian pilih negara atau wilayah Anda. Juga centang "Ya, Kirimi saya saran bantuan dan performa yang disesuaikan", untuk mendapatkan email mengenai saran-saran penting mengenai situs Anda.

Cara Pendaftaran Google AdSense, Cara Daftar Google AdSense di Blogger, Membuat Akun Google AdSense

5. Gulir halaman kebawah, kemudian klik Buat Akun.

Pada tahap ini Anda sudah berhasil mengajukan permohonan pendaftaran ke Google AdSense. Selanjutnya Google akan mengunjungi situs Anda untuk menilai kelayakan situs.

Selama proses review berlangsung, Anda tidak boleh melakukan perubahan pada tampilan situs, menampilkan iklan dari pihak ketiga lainnya, atau mengganti alamat situs.

Sambil menunggu tahap review selesai, Anda bisa melakukan update situs dengan membuat konten yang berkualitas dan asli. Dengan begitu Google akan menilai bahwa pemilik situs serius dalam membangun situs.

Kebijakan Program AdSense

Klik dan tayangan tidak valid
Penayang tidak boleh melakukan klik iklan sendiri atau menggunakan cara apa pun yang tidak semestinya untuk meningkatkan tayangan dan klik.

Menganjurkan agar mengklik
Penayang tidak boleh meminta pengguna lain untuk mengklik iklan atau menggunakan metode impelemntasi yang bersifat menipu untuk memperoleh klik.

Kebijakan Konten
Penayang tidak boleh menempatkan kode AdSense pada halaman situs yang berisi konten yang melanggar kebijakan program adsense. Contohnya, konten yang bersifat dewasa, mengerikan, atau mendukung diskriminasi rasial. Baca juga artikel konten terlarang untuk informasi selengkapnya.

Materi yang dilindungi hak cipta
Penayang tidak boleh menampilkan iklan Google AdSense pada halaman dengan konten yang dilindungi oleh undang-undang hak cipta, kecuali penayang memiliki hak hukum yang diperlukan untuk menampilkan konten tersebut.

Barang Palsu
Penayang tidak boleh menampilkan iklan Google AdSense pada halaman yang menawarkan atau mempromosikan barang palsu.

Silahkan baca artikel mengenai Kebijakan Program AdSense untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mendaftar Google AdSense di Blogger, semoga bermanfaat untuk Anda. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa untuk membaca artikel mengenai Tips AdSense lainnya di situs ini.

6 komentar

Terima Kasih atas pembahasannya mengenai cara daftar google adsense di blogger.

Sekarang daftar google adsense lewat blog lebih mudah daripada daftar adsense di youtube

Wahh lengkap sekali pembahasannya. tapi di dasbor blogger saya kok gak ada opsi penghasilan yah?

Coba ubah setelan bahasa akun blogger kamu menjadi bahasa inggris.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon