5 Website Terbaik untuk Cek Kecepatan Situs

5 Website Terbaik untuk Cek Kecepatan Situs kamu

Berikut ini saya ulas daftar website terbaik untuk cek kecepatan situs rekomendasi saya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan uji kecepatan dan performa situs kamu dengan mudah dan gratis.

Seperti yang kita ketahui, kecepatan sebuah website merupakan hal yang sangat sangat sangat penting sekali karena kecepatan adalah nilai paling penting yang menentukan kualitas website tersebut.

Sebelum memulai ke pembahasan, saya ingin memberitahukan bahwa di situs ini saya pernah menuliskan artikel mengenai cara mempercepat halaman situs yang mungkin bisa kamu coba. Baiklah, berikut ini saya review website terbaik untuk test kecepatan situs kamu.

1. PageSpeed Insights

Semua web developer pasti tahu dengan website yang satu ini. Saya sendiri sebagai seseorang yang bekerja di perusahaan jasa pembuatan website, selalu menggunakan situs ini sebagai pengukur kecepatan yang dimiliki sebuah website. Alasan kami menggunakan situs ini karena PageSpeed Insights dimiliki oleh perusahaan Google.

Kita semua tahu kalau Google merupakan perusahaan raksasa dengan jumlah pengguna yang super banyak terutama pengguna Google Chrome. Agar situs web yang kami buat ini bagus di mata mesin pencari google, maka PageSpeed Insights merupakan website penguji kecepatan dan performa yang tepat.

Situs: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/


2. Google Test My Site

Google Test My Site merupakan website dengan layanan cek kecepatan situs yang saya rekomendasi selanjutnya. Sama halnya dengan PageSpeed Insights, situs ini digunakan khusus untuk melakukan uji kecepatan situs untuk versi mobile.

Jumlah pengguna smartphone saat ini terus meningkat terutama di kawasan Asia khususnya negara Indonesia. Jumlah pengguna mobile di negara tercinta kita ini termasuk yang terbanyak dan akan terus meningkat setiap tahunnya.

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini dan segera mengoptimalkan kecepatan situs kamu demi pengguna mobile!

Situs: https://testmysite.withgoogle.com/intl/id-id

3. Varvy SEO tools

Ini merupakan situs rekomendasi saya selanjutnya. Varvy merupakan situs yang bisa kamu gunakan untuk melakukan tes kecepatan situs web. Selain itu, di situs ini juga menyediakan fitur lainnya seperti SEO tool, Page Speed Optimizatioin, dan Mobile SEO.

Alasan saya merekomendasikan situs ini karena setiap saya membuat website, selalu saja ada hal kecil yang sering saya lewatkan ketika mencoba mempercepat halaman website, dan dengan situs ini, hal kecil tersebut bisa dengan mudah kamu temukan.

Situs: https://varvy.com/

4.  Pingdom Tools

Pingdom Tools merupakan situs yang saya gunakan untuk menguji kecepatan situs semenjak tahun 2014. Pada waktu itu saya masih bekerja di bidang digital marketing, dan saya beserta karyawan IT lainnya selalu menggunakan situs ini untuk melakukan tes kecepatan website perusahaan kami.

Situs ini saya rekomendasi untuk kamu karena semua hal yang memperlambat situs kamu akan terdeteksi disini. Misalnya, gambar dengan ukuran yang terlalu besar, penempatan kode yang salah, dan hal lainnya yang mungkin tidak kamu sadari.

Situs: https://tools.pingdom.com/

5. GTmetrix

GTmetrix merupakan situs yang menyediakan layanan uji kecepatan situs yang saya rekomendasi selanjutnya. Sebenarnya jujur saja saya sendiri jarang menggunakan website ini karena hasil analisis yang diberikan terlalu detail dan beberapa data diantaranya tidak saya mengerti.

Jadi, buat kamu yang sudah mengerti mengenai pemrograman web maka saya rekomendasi situs GTmetrix ini untuk cek kecepatan website mu.

Situs: https://gtmetrix.com/

Demikian mengenai ulasan 5 Website Terbaik untuk Cek Kecepatan Situs semoga bermanfaat untuk kamu, dan apabila ada hal yang ingin ditanyakan atau kamu juga mau berbagi situs andalan kamu silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah ini, terima kasih dan semoga beruntung!

1 komentar untuk "5 Website Terbaik untuk Cek Kecepatan Situs"

Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.