Cara Membuat Blog di Blogger untuk Pemula

Cara Membuat Blogspot, Cara Membuat Blog Gratis, Cara Membuat Blog Sendiri, Cara Membuat Blog di Blogger, Cara Membuat Blog Bagi Pemula, Cara Membuat Blog Baru,

Cara Membuat Blog di Blogger untuk Pemula - Saat ini blogging merupakan aktivitas yang populer di seluruh dunia. Banyak sekali para blogger yang sudah sukses mendapatkan banyak penghasilan dari blog mereka. Bahkan ada juga yang sudah menjadikan aktivitas blogging tersebut menjadi pekerjaan utamanya.

Di negara tercinta kita Indonesia, blogging atau ngeblog merupakan hal yang tidak lagi asing di telinga kita. Banyak juga blogger dari Indonesia yang sudah menghasilkan banyak uang dari blog hanya bermodalkan menulis artikel.

Bagi anda yang ingin belajar membuat blog maka ini merupakan artikel yang tepat karena saya akan mengajarkan kepada anda bagaimana membuat blog di blogger. Sebelum memulai, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu blog.


Apa itu Blog?


Blog merupakan bagian dari Website yang digunakan untuk menuliskan catatan-catatan berupa tulisan, gambar, video, atau audio, yang dimuat kedalam sebuah post untuk selanjutnya dibagikan ke pengguna internet.

Blog sendiri diambil dari kata Web Log yang artinya sebuah website yang dapat melakukan pembaruan aktivitas pada konten yang disajikan.

Awalnya blog dibuat untuk memuatkan catatan-catatan kecil, seperti catatan pribadi, informasi mengenai suatu hal, atau mengenai ulasan produk. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini blog dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti pendidikan, bisnis, promosi, informasi berita, berbagi tutorial, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan blog, anda dapat berbagi informasi mengenai hal yang anda sukai kepada pengguna internet. Pengunjung yang mengakses situs blog anda dapat melakukan aktivitas seperti membaca post, berkomentar, kemudian mengunjungi artikel lainnya.


Apa manfaat Blog?


Selain digunakan untuk belajar menulis, blog juga bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti berbagi informasi penting, atau sebagai media promosi untuk mengenalkan produk anda kepada pengguna internet.

Di sisi lain, saat ini teknologi yang serba online, kini banyak perusahaan yang mulai melakukan rekrutmen dengan cara mencari profil secara online sebelum merekrut karyawan. Oleh karena itu, memiliki situs blog sendiri merupakan cara yang cerdas untuk menarik minat perusahaan untuk merekrut anda.

Anda dapat mengisi blog anda dengan berbagai macam hal seperti catatan mengenai aktivitas anda, foto dan video anda, juga proyek dan karya yang pernah anda buat sebelumnya. Dengan begitu perusahaan dapat mengetahui anda lebih dalam tanpa meminta anda untuk menjelaskannya.


Dimana tempat untuk membuat blog?


Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah Blogger, Wordpress, Tumblr, Weebly, atau Medium. Jika belum, kelima nama-nama tersebut merupakan platform blogging atau tempat untuk membuat blog secara gratis yang saat ini sudah banyak sekali penggunanya.

Di Indonesia, platform blogging yang paling banyak digunakan oleh masyarakat kita yakni Blogger dan Wordpress. Kedua platform ini sama bagusnya dan memiliki kekurangan juga kelebihannya masing-masing.

Menurut pendapat beberapa pengembang website, platform blogging paling bagus adalah Wordpress, tapi ada juga yang mengatakan bahwa Blogger lah yang merupakan platform blogging terbaik.

Kalau kita lihat dari fitur yang disediakan, mungkin Wordpress lebih unggul karena menyediakan platform blogging yang lebih kompleks.  Sedangkan Blogger atau Blogspot, menawarkan banyak fitur bawaan dari Google seperti AdWords, AdSense, dan Analytics, sehingga platform ini sangat cocok bagi pemula.


Cara Membuat Blog di Blogger



Di Panduan kali ini, saya akan mengajari anda bagaimana membuat situs blog menggunakan platform Blogger atau Blogspot. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1

Pertama-tama, silahkan kunjungi situs Blogger.com, kemudian klik "Create Your Blog".

Cara Membuat Blog di Blogger

Langkah 2

Silahkan login dengan menggunakan akun Google anda.

Cara Membuat Blog di Blogger

Langkah 3

Setelah berhasil melakukan login, selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman dasbor blogger. Silahkan klik "Create New Blog".

Cara Membuat Blog di Blogger

Langkah 4

Silahkan isi "Title" untuk judul blog, "Address" untuk alamat blog, dan "Theme" untuk tampilan blog anda. Jika selesai, klik "Create Blog!"

Cara Membuat Blog di Blogger

Pada tahap ini anda sudah berhasil membuat blog, selanjutnya kita akan membuat situs blog menjadi lebih hidup. Silahkan ikuti langkah selanjutnya dibawah ini.


Cara Membuat Postingan Blog


Selanjutnya kita akan membuat sebuah post di blog. Post ini merupakan kumpulan tulisan-tulisan yang anda buat untuk dipublikasikan di halaman blog anda. Pengunjung yang mengakses situs blog anda dapat melihat semua postingan blog anda dan dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berkomentar atau membagikan artikel anda ke media sosial.

Langkah 1

Masih di halaman dasbor Blogger, silahkan klik "New Post/Entri Baru".

Cara Membuat Blog di Blogger

Langkah 2

Silahkan buat tulisan mengenai hal apa saja. Anda dapat menuliskan perkenalan diri anda, mengenai tujuan dibuatnya blog tersebut, atau mengenalkan topik yang akan dibahas di blog anda.

Cara Membuat Blog di Blogger

Langkah 3

Silakan klik "Publish/Publikasikan" jika anda ingin menerbitkan artikel di blog anda.

Pada tahap ini anda sudah berhasil membuat sebuah post di blog. Anda dapat melihat postingan yang sudah anda publikasikan di blog dengan cara klik "View Blog/Lihat blog".

Cara Membuat Blog di Blogger


Mengenal Menu-Menu Pada Dashboard Blogger


1. Post/Postingan

Blogger Post Menu Icon


Menu ini dibagi menjadi 3 bagian, ada "All" digunakan untuk menampilkan semua post atau entri yang anda buat, kemudian ada "Draft" untuk menampilkan semua post yang belum dipublikasikan, dan terakhir "Published/Diterbitkan" untuk menampilkan post yang sudah dipublikasikan di blog anda.

2. Stats/Statistik


Blogger Stats Menu Icon


Menu ini dibagi menjadi 4 bagian, pertama "Overview/Ikhtisar" digunakan untuk menampilkan statistik dari pengunjung situs blog anda. Kemudian ada "Post/Postingan" yang digunakan untuk menampilkan postingan yang sering dikunjungi. Kemudian ada menu "Traffic Sources/Sumber Lalu Lintas" digunakan untuk melihat sumber asal pengunjung situs blog anda, misalnya dari Google, Bing, Yahoo, dan lainnya. Kemudian ada juga "Audience/Pemirsa" yang digunakan untuk melihat asal pengunjung berdasarkan negara, platform, dan jenis browser.

3. Comments/Komentar


Blogger Comments Menu Icon


Menu ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu "Published/Diterbitkan" dan "Spam", namun jika anda mengaktifkan fitur moderasi, maka menu ini akan muncul menjadi 3 bagian. Di menu ini anda dapat melihat komentar dari pengunjung situs blog anda dengan mudah.

4. Earnings/Penghasilan


Blogger Earnings Menu Icon


Menu ini digunakan untuk menampilkan iklan AdSense di blog. Apabila anda ingin mendapatkan penghasilan dari blog anda, silahkan daftarkan blog anda ke Google AdSense melalui menu ini, kemudian selanjutnya pihak dari Google AdSense akan memproses permintaan.

5. Pages/Halaman

Blogger Pages Menu Icon


Sama seperti menu Post, menu Pages ini digunakan untuk membuat sebuah halaman di blog anda.  Perbedaannya adalah, halaman atau page merupakan halaman statis. Artinya tidak akan muncul di bagian postingan anda. Halaman atau Pages ini biasanya digunakan untuk membuat halaman kontak, halaman about us, halaman sitemap, atau halaman lainnya yang tidak selalu mengalami pembaruan.

6. Layout/Tata Letak

Blogger Layout Menu Icon


Selanjutnya ada menu Tata Letak atau Layout yang digunakan untuk membuat widget atau gadget di blog anda. Contoh widget yang bisa anda buat misalnya widget postingan populer, kategori, kotak pencarian, daftar artikel terbaru, dan  masih banyak lagi.

7. Theme/Tema

Blogger Theme Menu Icon


Theme atau Tema merupakan menu blogger yang digunakan untuk mengubah tampilan situs blog anda.  Anda dapat menggunakan mode HTML untuk mendesain ulang tampilan blog.

8. Settings/Pengaturan

Blogger Settings Menu Icon


Menu ini digunakan untuk  menampilkan semua pengaturan mulai dari akun sampai blog anda. Menu ini dibagi menjadi beberapa bagian seperti  pengaturan dasar, postingan, email, pengaturan bahasa, penelusuran, dan pengaturan lainnya.

9. Reading List/Daftar Bacaan

Blogger Reading List Menu Icon


Selanjutnya ada menu Reading List atau Daftar Bacaan yang digunakan untuk menampilkan postingan terbaru dari situs blog yang anda ikuti.

10. Help/Bantuan

Blogger Help Menu Icon


Blogger juga menyediakan menu Help atau Bantuan yang bisa digunakan untuk mencari solusi pada masalah yang anda hadapi. Anda juga dapat mengirimkan masukan ke Google mengenai Blogger, juga mengunjungi forum bantuan.


Cara Membuat Gadget di Blogger


Widget atau Gadget merupakan bagian dari navigasi blog yang juga penting. Gadget seperti arsip, label, dan postingan populer dapat mempermudah pengunjung anda untuk menemukan postingan lainnya di blog anda. Berikut ini cara membuat widget atau gadget di blog. Silahkan perhatikan langkah-langkahnya.

Kunjungi menu "Layout/Tata letak", kemudian klik "Add a Gadget/Tambahkan Gadget".

Cara Membuat Gadget di Blogger

Selanjutnya silahkan pilih gadget yang ingin anda gunakan, kemudian klik "Save/Simpan".


Memilih Gadget di Blogger


Cara Mengganti Theme


Jika anda merasa bosan dengan tampilan situs blog yang sedang digunakan, anda dapat mengganti Theme atau Tema blog dengan cara klik menu "Theme/Tema", kemudian pilih desain yang anda suka, kemudian klik "Apply to blog/Terapkan ke blog".

Blogger Theme

Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Blog di Blogger untuk Pemula semoga bermanfaat untuk anda, jangan lupa kunjungi artikel lainnya mengenai Tips Blogger di blog ini, apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.