Cara Melakukan Backup Template Blogger

Cara Melakukan Backup Template Blogger, Cara Backup Theme Blogspot, Cara Download Template Blog, Backup Tema Blogger

Cara Backup Template Blogger - Seperti yang kita ketahui, blogger merupakan platform blogging yang paling mudah penggunaannya. Itu sebabnya mengapa banyak yang menggunakan blogger untuk kebutuhan blogging. Jumlah pengguna blogspot ini semakin bertambah setiap waktunya, bahkan juga menjadi salah satu dari sekian banyak situs di internet yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet dari seluruh dunia.

Blogger telah menyediakan berbagai fitur yang dapat mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitas blogging, misalnya membuat postingan, melihat berbagai statistik, mengatur tata letak atau layout, mendesain tampilan, bahkan dalam urusan backup template blog.

Dalam situasi apa kita melakukan backup template?

1. Editing Template

Sebagai seorang blogger, melakukan editing template atau mendesain ulang tampilan blog merupakan hal yang harus bisa kita lakukan. Ketika melakukan aktivitas ini terkadang kita melakukan kesalahan kecil seperti salah menempatkan kode atau secara tidak sengaja menghapus beberapa kode sehingga terjadi error. Untuk sebagian orang khususnya yang sudah berpengalaman dalam bahasa pemrograman mungkin bisa mengatasinya dengan mudah. Lalu bagaimana jika kita tidak dapat memperbaikinya? Nah, itulah mengapa kita perlu melakukan backup template terlebih dahulu. Anda dapat mengembalikan template seperti semula dengan mudah.

2. Terserang Hacker

Ini kemungkinannya sangat kecil bahkan mungkin tidak akan pernah terjadi. Blogger merupakan platform blogging yang super aman dan terlindungi dari berbagai serangan hacker. Namun dalam beberapa kasus tertentu, kadang blogger pemula menggunakan template yang ternyata sudah dimodifikasi seseorang dan didalamnya sudah disisipkan kode berbahaya. Misalnya memasukkan kode dari jaringan iklan yang berbahaya.

Si pelaku yang membagikan template ini biasanya menyembunyikan kode berbahaya tersebut menggunakan Base64 sehingga kode tersebut tidak dapat ditemukan dengan mudah. Nah, dalam situasi ini kita harus backup template sebelum mengganti ke template yang baru, apalagi template yang kita dapatkan berasal dari situs yang bukan asli pembuatnya.

3. Pembaruan Template

Pengunjung terkadang bosan jika mengunjungi blog yang memiliki tampilan itu-itu saja. Sebagai seorang blogger yang kreatif, kita tidak hanya menyajikan konten yang baru saja, tapi juga tampilan blog yang harus selalu diperbarui agar pengunjung tidak mudah bosan. Sebelum melakukan pembaruan template, sebaiknya kita melakukan backup template blog terlebih dahulu. Kita tidak akan tahu apakah template yang baru akan sepenuhnya mendukung atau tidak, tapi jika terjadi kesalahan yang fatal, setidaknya kita bisa melakukan restore template sebelumnya.


Cara Backup Template Blogger


Silahkan kunjungi dashboard Blogger, kemudian pilih menu Tema, kemudian klik Backup/Pulihkan.

Cara Backup Template Blog
Blogger

 Selanjutnya silahkan klik Download tema, kemudian tunggu sampai proses mengunduh selesai.

Cara Backup Tema, Backup Theme Blogger
Blogger

Pada tahap ini anda sudah berhasil melakukan backup template blogger. Selanjutnya, bila anda ingin melakukan restore kembali template sebelumnya, silahkan upload kembali file yang sudah anda simpan.

Itulah tutorial mengenai Cara Melakukan Backup Template Blogger semoga bermanfaat untuk anda. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya  melalui kolom komentar yang tersedia dibawah ini, terima kasih dan semoga berhasil.