Tutorial: Cara Menggunakan Google Disavow Tool

Pada kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Menggunakan Google Disavow Tool dari Google Search Console. Singkatnya, ini merupakan alat yang digunakan untuk menolak backlink yang dinilai memiliki kualitas rendah atau berisi spam yang mengarah ke situs Anda. Dengan menggunakan tool ini, Anda bisa mengirimkan satu atau beberapa daftar situs yang ingin Anda tolak backlink-nya berdasarkan URL halaman atau domain situs tersebut.

Kenapa kita harus menolak backlink?

Salah satu penyebab turunya peringkat situs di mesin pencari adalah backlink berkualitas rendah atau backlink spam. Jenis backlink ini dinilai oleh mesin pencari seperti Google sebagai tindakan yang melanggar pedoman kualitas karena mencoba untuk mempengaruhi opini Google terhadap suatu halaman atau situs tersebut. hasilnya, situs yang terdeteksi memiliki backlink spam akan diturunkan rankingnya di mesin pencari, atau mengalami deindex yang menyebabkan website tidak muncul di mesin pencari.

Apa saja persiapannya?

Sebelum menggunakan Disavow Tool, Anda sebaiknya membuat daftar link spam yang ditulis kedalam dokumen txt. Anda bisa menggunakan bantuan notepad untuk membuat daftar link yang akan ditolak backlink-nya dengan penulisan seperti dibawah in.

Gunakan penulisan seperti ini untuk menolak backlink berdasarkan halamannya saja:

  • http://spam.example.com/stuff/comments.html
  • http://spam.example.com/stuff/paid-links.html

Gunakan penulisan seperti ini untuk menolak backlink berdasarkan domain situs:

  • domain:namasitus.com

Apa ciri-ciri backlink yang harus kita tolak?

Kalau menurut algoritma Google sendiri, khususnya algoritma Panda dan Penguin, backlink yang sebaiknya kita tolak jika backlink tersebut berasal dari situs yang kualitasnya rendah, memiliki konten yang tidak relevan, dan berisi spam.

Cara Menggunakan Google Disavow Tool

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan Google Disavow Tool. Pastikan situs Anda sudah terdaftar di Google Search Console sebelum menggunakan tool ini.

Langkah 1: Silahkan buka https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links-main, kemudian pilih properti domain situs Anda.

cara menggunakan google disavow tool


Langkah 2: Selanjutnya, pilih "Upload daftar yang ditolak", kemudian upload daftar link yang ingin ditolak backlink-nya.

cara menggunakan google disavow tool


Langkah 3: Pada tahap ini Anda sudah berhasil menolak beberapa backlink yang mengarah ke situs Anda. Daftar situs yang Anda kirim juga dapat diperbarui kapan saja dengan cara klik "Ganti". Anda juga mungkin akan menerima email pemberitahuan dari Google Search Console.

cara menggunakan google disavow tool


Dibawah ini contoh daftar link yang saya upload ke Google Disavow Tool:

contoh daftar link


Itulah tutorial mengenai cara menggunakan Google Disavow Tool untuk menghapus atau menolak backlink spam, semoga berguna untuk Anda, dan apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. 😀

Ahmad Farhan Halo, perkenalkan nama saya Ahmad Farhan, seorang Blogger yang memiliki ketertarikan di dunia Digital Marketing dan Web Development.

3 Komentar untuk "Tutorial: Cara Menggunakan Google Disavow Tool"

  1. Kak, gimana cara mengatasi gagal upload karena terjadi error dalam daftar link?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba gunakan penulisan berdasarkan domain situs untuk menolak backlink-nya, seperti contoh daftar link yang saya gunakan.

      Hapus
  2. Kalau boleh tahu, kapan waktu yang tepat untuk menolak backlink?

    BalasHapus
Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel