7 Kriteria Blog Berkualitas untuk Guest Posting

Guest Post adalah salah satu teknik link-building paling populer di kalangan para praktisi SEO. Hal ini karena dengan melakukan Guest Posting mereka bisa mendapatkan dua jenis backlink sekaligus yaitu contextual backlink dan do-follow backlink.

Contextual backlink adalah jenis backlink yang umumnya ditemukan pada artikel. Backlink jenis ini disematkan pada tulisan artikel ditandai dengan penggunaan anchor text yang relevan dengan isi konten tersebut.

Guest Post dinilai merupakan cara paling efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas oleh para praktisi SEO karena mereka bisa menentukan blog mana yang digunakan untuk Guest Posting.

Sebelum melakukan Guest Posting di blog lain tentu harus dilakukan analisis terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah blog tersebut layak digunakan untuk Guest Post atau tidak. Untuk melakukan analisis tersebut saya merekomendasikan menggunakan tool Ahrefs, Moz, dan Semrush.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan sebelum melakukan Guest Posting di blog lain? Berikut ini 5 kriteria blog yang baik untuk kebutuhan Guest Posting.

5 Kriteria Blog Berkualitas untuk Guest Posting

1. Memiliki tingkat Domain Authority (DA) yang tinggi

Domain Authority (DA) merupakan metrik yang dikembangkan oleh Moz untuk memprediksi seberapa baik peringkat website di SERP. Semakin tinggi nilai Domain Authority-nya maka semakin baik kualitas otoritas domain yang dimiliki. Rentang skor dari Domain Authority sendiri dimulai dari 1 sampai 100, semakin tinggi nilainya maka semakin bagus.

Jika kamu ingin melakukan Guest Posting pastikan blog yang sudah kamu pilih memiliki tingkat Domain Authority yang tinggi. Namun sayangnya metrik dari Moz ini masih bisa di manipulasi sehingga blog yang baru dibangun bisa langsung memiliki tingkat Domain Authority yang tinggi.

Untuk mengatasi itu, kamu bisa menggunakan metrik dari Semrush yang juga sama-sama mengembangkan metrik Domain Authority. Salah satu kelebihan menggunakan metrik Domain Authority dari Semrush adalah sangat sulit untuk di manipulasi sehingga kamu bisa mengetahui kualitas authority sebenarnya dari blog incaran kamu.

2. Memiliki tingkat Domain Rating (DR) yang tinggi

Domain Rating (DR) merupakan metrik yang dibuat oleh Ahrefs yang menunjukkan seberapa kuat backlink yang dimiliki sebuah website. Rentang skor dari Domain Rating dimulai dari 1 hingga 100. Semakin tinggi tingkat Domain Rating maka semakin kuat backlink yang dimiliki domain tersebut.

3. Memiliki tingkat Spam Score yang rendah

Spam Score merupakan metrik yang dikembangkan oleh Moz. Semakin tinggi nilai Spam Score pada domain blog maka semakin besar kemungkinan bahwa blog tersebut sering melakukan spamming. Hindari melakukan guest posting di blog yang memiliki tingkat Spam Score yang tinggi karena akan memberikan dampak negatif pada blog kamu.

4. Blog sudah terindeks di mesin pencari

Melakukan guest posting di blog yang sudah muncul di mesin pencari juga merupakan hal yang penting. Blog yang sudah terindeks di SERP lebih mudah untuk mengindeks artikel kita yang akan di publish di blog tersebut. Apalagi jika blog tersebut memiliki umur domain yang lama biasanya akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari karena adanya kepercayaan antara domain dengan mesin pencari tersebut.

5. Memiliki pembahasan yang relevan

Backlink yang ditempatkan pada blog yang relevan akan meningkatkan kredibilitas website. Semakin banyak backlink yang mengarah ke halaman kamu maka website kamu semakin dipercayai sebagi sumber referensi dan dianggap sangat kredibel.

6. Backlink bersifat Do-Follow

Pastikan pemilik blog dapat memberikan backlink bersifat do-follow. Backlink jenis ini adalah link yang bernilai di mata mesin pencari seperti Google. Backlink jenis ini juga mengijinkan robot crawler agar bisa menelusuri atau merayapi dan mengindeks link tautan yang ingin kamu tanamkan.

Jika kamu mendapatkan backlink do-follow dari situs besar yang memiliki tingkat Domain Authority (DA) yang tinggi maka akan membantu meningkatkan ranking website kamu di SERP.

7. Memiliki banyak pengunjung

Ini sebenarnya bukan merupakan hal yang wajib tapi kalau kamu melakukan guest posting di blog yang banyak pengunjung maka kamu juga memiliki kesempatan untuk mendatangkan pengunjung melalui konten yang dipublikasikan di situs tersebut. Apalagi kalau konten yang dipublikasikan relevan dengan mereka.

Demikian pembahasan mengenai kriteria blog yang berkualitas untuk kebutuhan Guest Posting atau Content Placement, semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk semua pembaca, jangan lupa untuk mengunjungi postingan lainnya tentang SEO, terima kasih banyak.

3 komentar untuk "7 Kriteria Blog Berkualitas untuk Guest Posting"

Comment Author Avatar
Terima kasih banyak atas pembahasannya.
Comment Author Avatar
Terima kasih juga sudah berkunjung.

Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.