Cara Menambahkan Sitemap Blog ke Google Webmaster

Cara Menambahkan Sitemap Blog ke Google Webmaster

Sebelum menjelaskan tutorial Cara Menambahkan Sitemap Blog ke Google Webmaster, saya ingin sedikit menjelaskan fungsi Sitemap. Dalam bahasa Indonesia, Sitemap artinya Peta Situs yang berfungsi untuk mempermudah pengunjung menemukan apa yang ada di blog atau web Anda.

Sitemap juga merupakan bagian dari navigasi blog atau web Anda. Oleh karena itu, Sitemap ini sangat penting karena dapat mempermudah mesin pencari seperti Google untuk index blog dan web Anda.

Ada dua langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat Sitemap. Pertama, Anda harus membuat halaman Sitemap di Blog Anda. Kemudian langkah kedua adalah menambahkan Sitemap tersebut ke Google Webmasters.

Untuk membuat halaman sitemap, silahkan kunjungi artikel saya mengenai Cara Membuat Halaman Sitemap di Blogger.

Jika Anda sudah memiliki halaman sitemap di situs Anda, tahap selanjutnya adalah menambahkan atau mengirim sitemap tersebut ke Google Webmasters.

Cara Mengirim Sitemap ke Google Webmasters

1. Buka halaman Google Webmasters.

2. Silahkan pilih propreti blog Anda.


3. Pilih opsi "Perayapan" kemudian "Petas Situs" (lihat gambar dibawah ini)

Opsi Google Webmasters


4. Silahkan kirim kode dibawah ini satu per satu (lihat gambar dibawah)

atom.xml?redirect=false
sitemap.xml
feeds/posts/default?orderby=updated
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Kirim Sitemap Blog ke Google Webmasters

Pada tahap ini kamu sudah berhasil mengirimkan Sitemap blog kamu ke Google Webmasters. Selanjutnya Google akan memproses sitemap yang kamu kirim dan membutuhkan beberapa waktu.

Sekian mengenai panduan Cara Menambahkan Sitemap Blog ke Google Webmasters. Jika ada pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah artikel ini.