Cara Menentukan Domain untuk keperluan Bisnis

Cara Menentukan Ekstensi Nama Domain untuk keperluan Bisnis. Domain adalah alamat website yang digunakan untuk mempermudah pengguna internet menemukan website Anda. Domain bisa diibaratkan sebagai alamat rumah. Jika domain memiliki nama yang unik, mudah diingat, dan memiliki nama yang sesuai dengan bisnis Anda, maka dengan mudah orang-orang menemukan website Anda.

Memiliki Website untuk keperluan bisnis sangat penting. Anda dapat menjangkau jutaan konsumen lebih dari siapapun yang menjalankan bisnis.

Menentukan Ekstensi Domain untuk Bisnis


Domain .COM atau .ID?

Domain .COM merupakan domain yang masuk kedalam kategori TLD (Top Level Domain). Artinya, domain tersebut merupakan domain dengan level paling tinggi atau domain yang terkenal. Domain dengan ekstensi .COM merupakan domain yang bersifat Commercial atau komersial yang artinya bisa digunakan untuk keperluan apapun.

Sedangkan Domain .ID merupakan domain cc-TLD yang tetap memeang teguh asas kepercayaan. Artinya semua registrant domain .ID. merupakan badan usaha atau pribadi yang identitasnya dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

Saat ini Domain .ID dimiliki oleh perusahaan PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia). Domain dengan akhiran .ID seperti .id, .ac.id, .sch.id, or.id, biz.id, web.id, my.id, dan ponpes.id, hanya bisa digunakan untuk warga negara Indonesia atau untuk Bisnis yang hanya ada di Indonesia.

Untuk mendaftar domain dengan ekstensi .ID, Ada beberapa persyaratan atau surat dokumen yang harus terpenuhi dan nantinya akan diperiksa oleh PANDI.

Info Terkait: Syarat Pendaftaran Domain .ID

Syarat Pendaftaran Domain .ID

Untuk Personal/Perorangan: KTP Republik Indonesia.
Untuk Perusahaan: KTP Republik Indonesia, SIUP/TDP/AKTA/ Surat Ijin yang setara untuk pendaftar berbentuk Badan Usaha/badan hukum (Surat izin yang setara adalah surat izin dari kemenkumham), Sertifikat Merk apabila domain yang didaftarkan adalah sebuah nama merk.
Untuk Organisasi: KTP Republik Indonesia, Akta Notaris pendirian organisasi/yayasan
Sertifikat Merk apabila domain yang didaftarkan adalah sebuah nama merk.

Mana yang paling Unggul? Domain .ID atau .COM?

Pada hasil pencarian lokal di Google, Alamat dengan domain .ID lebih diunggulkan karena sesuai dengan asal negara pengunjung tersebut. Domain tersebut dapat mempengaruhi ranking website Anda di mesin pencari seperti Google, dan mesin pencari lainnya seperti Bing, dan Yahoo.

Mana yang paling Bagus untuk keperluan Bisnis?

Semua domain pada dasarnya bisa digunakan untuk keperluan bisnis, tapi jika bisnis yang Anda jalankan hanya diperuntukan khusus di Indonesia, maka domain .ID merupakan ekstensi domain yang tepat untuk bisnis Anda.

Alasannya..

1. Kualitas SEO yang Bagus
Domain TLD Lokal seperti .ID, CO.ID, WEB.ID dan domain .ID lainnya, lebih diunggulkan oleh mesin pencari Google.

2. Domain Terpercaya
Domain .ID merupakan badan usaha pribadi yang identitasnya dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Untuk mendapatkan domain .ID pendaftar harus mengirimkan dokumen seperti surat pendirian perusahaan contohnya SIUP/TDP/AKTA/Surat izin yang setara yang nantinya akan diperiksa oleh langsung oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) sehingga peluang digunakan untuk penipuan ataupun kegiatan melanggar hukum sangat kecil.


Sedangkan untuk domain dengan ekstensi .COM pendaftar bisa menggunakannya tanpa syarat apapun. Dari segi harga pun domain .COM lebih murah jika dibandingkan dengan domain .ID.

3. Lebih banyak pilihan nama domain
Pilihan nama domain lebih banyak karena pengguna domain ‘.id’ belum sebanyak ‘.com’.

Cara Menentukan Domain untuk keperluan Bisnis

Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda


Sama halnya seperti alamat rumah atau alamat kantor, gunakan nama domain yang singkat, unik, dan mudah diingat. contohnya jualsepatu.com, atau tokobaju.com. Anda juga bisa menyertakan merek atau bisnis anda misalnya sepatuadidas.

Dengan menyertakan nama merek atau identitas bisnis, nama domain yang akan anda gunakan akan menjadi lebih unik.

Jika anda sudah menemukan nama domain yang tepat, periksalah terlebih dahulu nama domain yang akan Anda gunakan. apakah masih tersedia dan bisa digunakan atau tidak tersedia dan tidak bisa digunakan.

Jika sudah tidak tersedia, cobalah untuk menggunakan tambahan pada nama domain. misalnya jualsepatu19.com atau menambahkan huruf "S" pada akhir nama domain.

Pastikan nama domain belum pernah digunakan sebelumnya atau belum pernah digunakan sama sekali. Terutama menggunakan nama merek yang sudah ada karena dapat melanggar hak cipta.

Hindari penggunaan tanda hubung di dalamnya karena nama domain dengan tanda hubung memiliki peringkat yang lebih baik dari pada domain yang menggunakan tanda hubung.

Jika anda menggunakan kata-kata yang unik, periksa kata tersebut melalui Google Translate dan pastikan kata tersebut bukan merupakan kata yang kasar atau tidak pantas.

Halo, perkenalkan nama saya Farhan. Saat ini saya sedang aktif menulis di blog pribadi saya. Apabila ada pertanyaan, silahkan kirim email Anda ke ahmad.farohan@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA. EmoticonEmoticon