Cara Menambahkan Google Analytics ke Blogger

Cara Menambahkan Google Analytics ke Blogger

Cara Menambahkan Google Analytics ke Blogger - Ingin tahu bagaimana cara menghubungkan Google Analytics dengan Blogger? Pada kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Menambahkan Google Analytics ke Blogger atau Blogspot dengan dua langkah mudah.

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang digunakan untuk menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan ppc (pay-per-click), email marketing, dan tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics dapat digunakan untuk menganalisis efektifitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk pada situs web pengguna.

Selain itu, Google Analytics juga dapat digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website atau blog. Anda dapat membuat laporan tentang trafik website atau blog dalam jangka waktu harian, mingguan, bahkan bulanan.

Untuk menggunakan Google Analytics, Anda harus memiliki akun Google yang sudah terdaftar. Anda juga dapat memasukkan beberapa situs website atau blog dalam satu akun. Berikut ini tutorial cara menambah atau menghubungkan akun Google Analytics ke situs blog kamu.


Langkah 1: Mendaftar ke Google Analytics


Silahkan kunjungi https://marketingplatform.google.com/about/analytics/ kemudian klik Sign to Analytics.

Mendaftar ke Google Analytics

Atau kamu juga bisa mengunjungi alamat https://analytics.google.com/ kemudian klik Sign up 

Mendaftar ke Google Analytics

Setelah itu, silahkan masukan data informasi sesuai kebutuhan. Pilih Website untuk melacak halaman situs web, kemudian masukan informasi seperti nama website, alamat, dan kategori topik, juga memilih zona waktu. Setelah selesai, silahkan geser halaman kebawah, kemudian klik Get Tracking ID.

Mendaftar ke Google Analytics

Jika muncul seperti gambar dibawah ini, silahkan centang "I also accept the Data Processing Terms as required by GDPR" juga "I accept the Measurement Controller-Controller Data Protection Terms for the data that I share with Google."

Mendaftar ke Google Analytics

Pada halaman ini, Anda sudah berhasil mendaftar ke Google Analytics. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghubungkan ke situs blog Anda. Lanjut ke langkah 2.

Langkah 2: Tambahkan Google Analytics ke Blogger


Silahkan kunjungi halaman dasbor blogger Anda, kemudian pilih menu Settings, kemudian pilih menu Other.

Kemudian geser halaman ke bagian Google Analytics kemudian simpan kode Tracking ID pada kolom yang disediakan, setelah itu klik Save Settings.

Tambahkan Google Analytics ke Blogger, Cara Menambahkan Google Analytics ke Blogger atau Blogspot, Cara Menggunakan Google Analytics untuk Situs Web Blog

Pada tahap ini Anda sudah berhasil menambahkan Google Analytics dan menghubungkan ke situs blog. Selanjutnya Google membutuhkan waktu 48 jam untuk menganalisis seluruh halaman blog Anda. Sekian pembahasan mengenai Cara Menambahkan Google Analytics ke Blogger semoga bermanfaat untuk Anda.

1 komentar untuk "Cara Menambahkan Google Analytics ke Blogger"

Comment Author Avatar
Terima kasih banyak atas informasinya mengenai google analytics

Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.