Cara Mendapatkan Backlinks Berkualitas untuk Pemula

Cara Mendapatkan Backlinks Berkualitas untuk Pemula

Cara Mendapatkan Backlinks Berkualitas untuk Pemula - Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan backlinks berkualitas dan gratis untuk pemula? bagaimana strategi mendapatkan backlink dari situs high page rank (PR)? Pada kali ini saya akan membahas mengenai link building khusus buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas SEO Offpage website dengan mudah dan cepat.

Berbicara mengenai SEO sudah pasti tidak luput dari yang namanya Backlink. Apa itu Backlink? Apa manfaatnya? Backlink adalah link atau tautan yang mengarah pada situs kita dan berasal dari situs lain. Backlink ini berperan penting dalam hal SEO karena backlink dapat memberikan kita kesempatan untuk menaikkan posisi halaman situs web di mesin pencari seperti Google. Dalam algoritma Google sendiri, jika suatu website memiliki jumlah backlink yang banyak dan berkualitas maka website tersebut akan lebih diperhatikan di mata Google, namun apabila backlink yang didapatkan berasal dari situs yang berbahaya maka akan memberikan dampak buruk pada situs web.

Lalu Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink yang berkualitas? dalam mencari backlink atau link building sebenarnya sangat mudah. Di Internet banyak sekali sumber backlink yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kualitas SEO Offpage website kamu tanpa harus membeli jasa seo yang tentu harganya cukup mahal.

Sebagai pemula, kamu bisa mengikuti tips ini untuk mendapatkan Backlink berkualitas dengan mudah dan gratis. Berikut ini pembahasannya:

1. Blog Walking / Komentar di Blog / Blog Comment

Ini merupakan cara yang paling mudah untuk mencari Backlink di Internet karena yang perlu kamu lakukan hanya berkunjung ke blog orang lain kemudian mencantumkan nama, email, dan alamat website, pada kolom komentar. Dalam beberapa tahun belakangan ini, blog comment menjadi cara paling populer dalam membangun backlink dengan cepat dan efektif. Walaupun banyak yang berpendapat bahwa cara ini sudah tidak lagi berpengaruh lagi pada SEO. Tapi sebenarnya ini semua tergantung di mana Backlink ini ditanamkan, apakah dari situs dengan domain page rank tinggi, apakah situs membahas topik yang sama dengan situs kamu, apakah situs tersebut memiliki jumlah pengunjung yang banyak, jika Ya maka ini bisa menjadi sumber Backlink yang berkualitas untuk kamu.

Gunakan backlink footprint berikut ini:
"Notify me of follow-up comments by email."+"Reply" kata kunci

Silahkan salin footprint diatas, kemudian tempel pada pencarian google, dan jangan lupa untuk menggunakan kata kunci yang dicari.

blog walking, blog comments, footprint backlink,

Setelah hasilnya muncul berdasarkan kata kunci, selanjutnya kunjungi salah satu situs tersebut kemudian berkomentar pada kolom yang disediakan, jangan lupa juga mencantumkan alamat situs web atau blog kamu.

Cara ini juga masih saya gunakan dalam urusan mencari backlink dan hasilnya pun masih bisa menaikkan ranking halaman blog saya di google. Biasanya saya mencari situs dengan pembahasan topik yang sama juga mengutamakan situs yang memiliki sertifikat SSL (https://) dan alamat top level domain (TLD) seperti .com, .net, .info, atau alamat ccTLD, misalnya .co.id, atau .go.id, sch.id, .id.

2. Authority Sites

Authority Sites merupakan situs otoritas berbasis konten yang merupakan sumber informasi terpercaya. Ini merupakan situs besar yang memberikan nilai nyata melalui standar editorial yang luar biasa dan membuat orang mempercayai saran dan rekomendasi dari situs.

Situs otoritas biasanya menyediakan halaman profil untuk anggotanya yang sudah terdaftar. Pada halaman profil ini kamu bisa menanamkan alamat website.

Backlink yang berasal dari authority site sangat ampuh untuk menaikkan posisi website di mesin pencari. Bahkan saat ini banyak yang menjual jasa SEO berupa backlink yang berasal dari authority site.

Berikut ini beberapa daftar situs authority site rekomendasi yang bisa kamu gunakan untuk menanam link situs kamu:


https://profiles.wordpress.org/
http://www.mapleprimes.com/
https://ask.fm/
http://www.blurb.com/u
https://buddypress.org/
https://disqus.com/
https://polldaddy.com/
https://picturepush.com/
http://www.studiopress.com/
https://en.gravatar.com/
https://forums.createspace.com/
https://www.tvfanatic.com/
https://www.ted.com
https://speakerdeck.com/
http://visual.ly/users/
http://weheartit.com/
https://www.freesound.org/
http://www.fontspace.com/
http://www.magcloud.com/
https://www.avitop.com/
http://www.empowher.com/
https://www.fanfiction.net/
http://intensedebate.com/
http://www.dead.net/member/
http://www.authorstream.com/
http://id.kaywa.com/
https://www.openstreetmap.org/
https://forums.unrealengine.com/
https://www.ifixit.com/
https://musicbrainz.org/
https://able2know.org/
http://www.abstractfonts.com/
http://www.tripline.net/
http://www.namestation.com/
https://www.ideafit.com/
https://www.bagtheweb.com/
https://www.videomaker.com/
https://pastebin.com/
http://www.icyte.com/
https://itsmyurls.com/
https://wanelo.co/
https://www.atlasobscura.com/
https://8tracks.com/

Cara menanam backlink di Authority Sites
  1. Mendaftar menjadi anggota.
  2. Jangan lupa untuk verifikasi email yang terdaftar.
  3. Kunjungi halaman profil, atau edit profil.
  4. Lengkapi data profil kemudian sertakan link alamat website atau blog kamu.

3. Web 2.0 atau Free Blog Network

Web.2.0 adalah situs gratis yang memungkinkan penggunanya untuk menulis artikel kemudian mempublikasikan di situs tersebut. Backlink yang berasal dari web.2.0 sangat bagus karena root domain tersebut memiliki page rank (PR) yang tinggi. Berikut daftar situs web 2.0 rekomendasi yang bisa kamu gunakan untuk menanamkan link situs.
  • blogspot.com (PR 9)
  • wordpress.com (PR 9)
  • yola.com (PR 7)
  • jimdo.com (PR 8)
  • soup.io (PR 5)
  • blog.com (PR 6)
  • hpage.com (PR 5)
  • webnode.com (PR 6)
  • weebly.com (PR 8)

Cara menanam backlink di situs Web 2.0
  1. Silahkan mendaftar di salah satu situs di atas.
  2. Buatlah artikel ulasan mengenai situs kamu.
  3. Sertakan juga link yang mengarah ke situs.
  4. Publikasikan.

4. Situs Sosial Bookmarking

Situs sosial bookmarking merupakan situs yang digunakan untuk menyimpan alamat halaman website. Biasanya digunakan orang-orang untuk menyimpan alamat situs yang disukainya. Untuk cara mendapatkan backlink dari sosial bookmarking ini sangat mudah karena yang perlu kamu lakukan hanya mendaftar terlebih dahulu, kemudian submit URL alamat website atau postingan blog kamu.

Berikut ini daftar situs sosial bookmarking:
  • digg.com
  • plurk.com
  • diigo.com
  • url.org
  • socialbookmarkssite.com
  • bookmark4you.com
  • mix.com

5. Situs institusi pendidikan atau pemerintahan

Situs institusi pendidikan atau pemerintahan merupakan situs yang digunakan lembaga pendidikan atau pemerintahan. Backlink yang berasal dari domain situs ini cukup bagus untuk meningkatkan halaman website di SERP Google. Situs institusi pendidikan memiliki domain seperti .ac.id, sch.id, ponpes.id, .edu, sedangkan untuk situs pemerintah memiliki domain seperti .gov, dan .mil.

Untuk menemukan situs dengan domain tersebut, silahkan salin footprint dibawah ini, kemudian letakkan pada pencarian browser:
"site:.go.id" "(Masukkan 6 kode diatas)""

Sama halnya seperti blog walking, biasanya ada beberapa situs tersebut yang menyediakan kolom komentar dengan input nama, email, dan alamat situs.

6. Website Checker

Situs checker merupakan situs yang digunakan untuk menganalisis sebuah halaman website. Biasanya situs ini berupa layanan cek online seperti seo checker, site checker, atau cek harga situs. Untuk mendapatkan backlink dari situs ini sangat mudah karena kamu tidak perlu untuk mendaftar terlebih dahulu. Yang perlu kamu lakukan adalah meletakkan alamat situs pada kolom yang disediakan. Beberapa situs checker biasanya akan membuat halaman baru setelah kamu submit atau mengirim alamat situs. Pada halaman baru ini lah menjadi tempat untuk menanam backlink ke situs kamu.

Beberapa situs website checker diantaranya yakni:
  • alexa.com
  • ceksite.com
  • sitechecker.pro
  • smallseotools.com

7. Situs berbagi PDF / PDF Sharing Online

Situs berbagi PDF merupakan situs yang digunakan untuk mempublikasikan dokumen dengan file berbentuk .pdf. Uniknya link yang terdapat pada file pdf tersebut dapat terdeteksi oleh mesin pencari seperti Goolge. Berikut ini daftar PDF Sharing Site yang bisa kamu gunakan untuk menanam backlink.
  • issuu.com
  • scribd.com
  • filesanywhere.com

Demikian pembahasan mengenai Cara Mendapatkan Backlinks Berkualitas semoga bermanfaat untuk Anda. Silahkan bookmark halaman ini di browser kesayangan kamu dan apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

2 komentar untuk "Cara Mendapatkan Backlinks Berkualitas untuk Pemula"

Comment Author Avatar
Artikel yang bermanfaat. Bisa menambah wawasan saya, agar saya dapat mendapat backlink yang berkualitas untuk blog saya. Terima kasih.
Comment Author Avatar
Alhamdulillah baru tadi malem, saya berpikir bagaimana caranya backlink bisa digunakan, ternyata ada di sini.. terimakasih

Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.