Cara Mengetahui Kapasitas Maksimal RAM Laptop

Cara Mengetahui Kapasitas Maksimal RAM Laptop

Apa jadinya jika ternyata laptop kita bisa menambah kapasitas RAM? Tentu ini merupakan kabar gembira terutama untuk para gamer sejati. Pada kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengetahui batas maksimal RAM laptop, dan jenis memori yang kompatibel dengan motherboard komputer atau laptop kamu.

Sebelum kamu melakukan upgrade RAM, ada beberapa hal penting yang harus kamu tahu. Pertama, kamu harus mengetahui versi Windows yang digunakan laptop kamu, apakah versi 32 bit atau 64 bit? Jika kamu menggunakan Windows versi 32 bit, maka batas maksimal RAM adalah 4 GB, jika kamu menggunakan versi 64 bit, maka batas maksimal memori adalah 128 GB RAM.

Apakah hanya mengetahui versi Windows dapat mengetahui batas maksimal RAM? Tidak! Spesifikasi dan tipe motherboard yang digunakan laptop atau komputer juga bisa menentukan cocok atau tidaknya RAM. Misalnya, Jika pada motherboard terdapat satu slot memori, maka kamu hanya bisa mengganti memori yang sudah terpasang dengan memory yang baru. Tapi, jika terdapat dua slot memori, maka kamu bisa menambah RAM baru dengan tipe harus sejenis. Oleh karena itu kita tidak bisa sembarang membeli RAM.

Kemudian hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan adalah jenis atau tipe RAM. Sebelum melakukan upgrade RAM, kamu harus memeriksa jenis RAM yang digunakan laptop kamu, apakah DDR2, DDR3, atau DDR4, karena setiap RAM memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

RAM (Random Access Memory) merupakan memori yang digunakan komputer atau laptop untuk menyimpan data dari program yang kita jalankan. Semakin besar kapasitasnya maka semakin baik kinerja perangkat kita.

Cara Mengetahui Kapasitas Maksimal RAM


Untuk mengetahui batas maksimal RAM, umumnya kamu harus membongkar perangkat atau memeriksa dokumentasi untuk mengetahui tipe motherboard. Tapi pada kali ini kita tidak akan menggunakan cara itu karena tentu membuang-buang waktu dan tidak efisien. Kita akan menggunakan cara yang paling mudah dan lebih cepat yakni dengan menggunakan bantuan program pemindai sistem.

Jika kamu tidak suka membongkar perangkat komputer atau laptop maka kamu bisa menggunakan program pemindai sistem secara online untuk mengetahui jumlah maksimal memori dan jenis memori yang cocok digunakan perangkat kamu.


Langkah #1

Silahkan buka alamat https://www.crucial.com/usa/en/memory-info di browser kesayangan kamu.

Langkah #2

Pada halaman ini, kamu bisa menggunakan dua cara untuk menemukan RAM yang kompatibel. Untuk mempermudah, silakan klik Scan Computer.

Cara Mengetahui Batas Maksimal Memori RAM Komputer dan Laptop

Langkah #3

Selanjutnya kamu secara otomatis akan mengunduh sebuah program dengan nama file "CrucialScan.exe". Silahkan jalankan program tersebut dan tunggu sampai proses pemindaian selesai.

Cara Mengetahui Batas Maksimal Memori RAM Komputer dan Laptop

Langkah #4

Setelah pemindaiannya selesai, selanjutnya kamu akan diarahkan ke browser. Di halaman ini kamu dapat mengetahui batas maksimal memori RAM, jenis perangkat yang digunakan, dan tipe RAM yang cocok untuk perangkat kamu.

Cara Mengetahui Kapasitas Maksimal Memori RAM, Komputer, Laprop, DDR4, DDR3

Keterangan:

  • Slots: Untuk mengetahui jumlah slot memori pada motherboard.
  • Maximum Memory: Batas maksimal memori.
  • Standard Memory: Kapasitas standar memori yang digunakan.


Cara Mengetahui Jenis RAM yang Kompatibel


Setelah kamu berhasil mengetahui kapasitas maksimal memori yang tersedia, selanjutnya kita akan mengetahui jenis RAM yang kompatibel dengan perangkat kamu.

Masih di halaman browser yang sama, pada hasil pemindaian program, silahkan gulir halaman kebawah maka kamu akan menemukan Compatible Memory yang berisi informasi mengenai jenis dan tipe RAM apa saja yang cocok untuk perangkat kamu.

Cara Mengetahui Jenis RAM yang cocok, Mengetahui Tipe RAM

Sebagai contoh, saya menggunakan perangkat laptop Lenovo IdeaPad 330-14AST, dan jenis memory yang bisa digunakan adalah Crucial 4GB/8GB DDR4-2400 SODIMM. Jika saya ingin membeli memori RAM di toko komputer, maka jenisnya harus yang sesuai.

Kamu juga bisa menggunakan cara ini pada merek laptop apapun seperti Asus, Acer, HP, Samsung, Lenovo, Dell, Microsoft, MSI, Toshiba, dan lainnya.

Mudah bukan? Itulah pembahasan mengenai cara mengetahui kapasitas maksimal RAM untuk laptop dan komputer, semoga bisa membantu kamu untuk menemukan ukuran dan jenis RAM yang cocok untuk perangkat kamu. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.