Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi untuk Perusahaan

Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi untuk Perusahaan

Perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat segala hal terasa semakin mudah dengan menggunakan teknologi yang ada. Apalagi dengan munculnya aplikasi absensi online yang dapat dikatakan sebagai upaya untuk mengatasi berbagai macam kecurangan dalam penggunaan absensi secara manual. Aplikasi absensi online ini juga dinilai dapat memberikan berbagai manfaat karena mampu memaksimalkan kinerja karyawan. Berikut ini adalah manfaat yang akan didapat dalam penggunaan aplikasi absensi.

1. Rekapitulasi Lebih Mudah


Data absensi karyawan yang berisikan jam kehadiran dan keterlambatan karyawan idealnya selalu direkap secara berkala. Apabila perusahaan masih menggunakan pencatatan data absensi secara manual, maka proses rekapitulasi akan memakan banyak waktu. Apalagi bila ada oknum karyawan yang selalu melakukan kecurangan sehingga data absensi menjadi tidak valid. Dengan adanya aplikasi absensi online, perusahaan tidak lagi repot-repot memindahkan data dari lembaran kertas ke komputer sehingga menjadi lebih mudah dan tidak lagi repot-repot membuang waktu hanya untuk rekapitulasi data absensi.

2. Menghemat Biaya Pengadaan Perangkat


Salah satu sarana aplikasi absensi karyawan adalah fingerprint. Sistem ini sangat populer, namun perusahaan harus menyediakan anggaran khusus dalam pengadaan perangkat. Belum lagi bila mengalami kerusakan, tentu dibutuhkan teknisi khusus untuk perbaikan dan pemeliharaan yang akan menambah kebutuhan dalam anggaran. Oleh karena itulah, menggunakan absensi online dapat menghemat biaya. Karena hanya membutuhkan komputer yang terhubung dengan internet. 


3. Pemantauan Secara Realtime


Keunggulan dari aplikasi absensi online ini adalah kemampuannya dalam melakukan pemantauan data secara realtime. Dengan demikian, kehadiran dan keterlambatan dapat dipantau kapan pun dan dimanapun karena tidak perlu memindahkan data ke komputer atau perangkat lainnya. Sinkronisasi data pun mudah karena tersimpan secara otomatis dengan sistem cloud.

4. Perhitungan Jam Kerja Lebih Akurat


Karena bersifat online, maka sinkronisasi waktu setiap perangkat akan sama. Dengan demikian, waktu absensi yang tercatat dalam sistem menjadi lebih akurat. Tingkat akurasi dalam sistem absensi merupakan poin utama dalam pengukuran kinerja karyawan terutama apabila perusahaan menggunakan kehadiran dan keterlambatan karyawan sebagai pedoman dalam penggajian. 

5. Meningkatkan Kinerja Karyawan


Dengan menggunakan aplikasi absensi online, waktu yang biasa digunakan untuk melakukan absensi di kantor dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja karyawan saat bekerja. Dengan demikian waktu menjadi efisien dan tidak terbuang sia-sia. 

6. Mempermudah Analisa Kinerja Karyawan


Aplikasi absensi online memberikan data real time yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan evaluasi dan menganalisa kinerja karyawan. Hal ini dikarenakan aplikasi absensi online akan langsung menyimpan data kedatangan karyawan dalam database perusahaan sehingga tidak perlu lagi melakukan rekap absensi untuk karyawan yang tidak bekerja di kantor. Data-data ini dapat digunakan oleh perusahaan sebagai salah satu poin penilaian karyawan.

7. Mengurangi Potensi Kecurangan Karyawan


Data dari aplikasi absensi online akan diolah secara langsung atau real time sehingga hasilnya akan sesuai dengan data dari mesin absensi kantor. Hal ini tentu dapat mengurangi potensi kecurangan yang dilakukan oleh karyawan pada data absensinya. Absensi online ini juga dapat mengurangi potensi kecurangan titip absen karena setiap karyawan memiliki akun masing-masing sehingga tidak mungkin digunakan orang lain.

Beberapa manfaat di atas dapat perusahaan Anda dapatkan apabila menggunakan aplikasi absensi online. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi absensi milik LinovHR yang sudah terpercaya dan menjadi pilihan banyak perusahaan terkemuka di Indonesia. 

Segera kunjungi https://www.linovhr.com/ untuk uji coba gratis