Ini Dia 11 Persiapan Menjadi Blogger!

Persiapan Menjadi Blogger

Ngeblog bagi sebagian orang menjadi sebuah ladang untuk mendapatkan uang. Orang-orang tersebut adalah mereka yang sudah menyandang gelar blogger profesional. Memang, kalau kita mengukur dari sisi penghasilan sebagai blogger, para blogger profesional itu mendapatkan uang jauh lebih banyak dari para amatiran. Tentu saja, karena yang profesional pasti sudah tahu dan sudah berpengalaman dalam dunia blogger.

Nah, untuk kamu yang ingin menjadi seorang blogger, tidak bisa serta merta membandingkan dirimu yang baru menjadi blogger, dengan mereka yang sudah bertahun-tahun berkecimpung di dunia blogging. Kamu tetap butuh waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan “kemampuan blogger profesional” itu. Tapi tenang, untuk kamu yang ingin menjadi blogger profesional, setidaknya ada 11 persiapan menjadi blogger yang harus kalian ketahui. Berikut ini 11 persiapan menjadi blogger yang kamu semua wajib tahu!

1. Siapkan Waktu Untuk Persiapan Menjadi Blogger

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum benar-benar masuk ke dunia blogging adalah waktu. Ini adalah hal penting yang harus kamu persiapkan. Namanya blogger pasti mereka akan punya sebuah blog kan? Nah, waktu yang dimaksud disini salah satunya adalah waktu untuk mengelola blog tersebut. Mengelola dari berbagai sisi, bukan hanya soal membuat postingan yang bagus, tapi juga harus punya waktu untuk riset, interaksi dengan para blogger lainnya, mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi, blog walking, dan banyak lagi. Ini ketika kalian sudah memiliki blog.

Jangan dikira ketika kalian baru mau membuat website atau blog ini kalian tidak butuh waktu. Waktu yang harus kalian berikan sebagai persiapan menjadi blogger itu juga ketika kalian akan membuat blog. Kalian harus menyediakan waktu untuk memilih blog mana yang terbaik, apakah blogspot atau wordpress, kalian juga harus memikirkan web hosting mana yang paling pas untuk blog kalian, dan lain sebagainya. Lalu ketika kamu bertanya, kenapa ada orang yang ngeblog baru sejam tapi ia sudah bisa menghasilkan ratusan ribu perbulan? Hal itu karena jam terbang dan pengalaman yang mereka miliki dan mereka susun dari detik pertama mereka memutuskan untuk masuk ke dunia blogging.

Persiapan Menjadi Blogger

2. Apa Keahlianmu?

Persiapan menjadi blogger yang kedua adalah mengetahui apa keahlianmu. Kenapa? Karena ketika kamu tahu apa keahlianmu, maka kamu bisa memilih topik yang pas. Semisal, kamu sangat ahli di bidang keuangan, maka kamu harus membuat konten di bidang itu. Pertama kamu akan lebih dipercaya para pembaca, dan kamu lebih mantap menuliskannya tanpa takut salah tulis atau salah konten. Beberapa keahlian yang baru memang harus belajar terus-terusan. Tapi bagi kamu yang sudah punya keahlian secara spesifik, tinggal membuat kontennya saja.

3. Pilih Topik yang Kamu Minati

Persiapan menjadi blogger yang ketiga adalah mengetahui apa yang kamu minati dan memilih topik sesuai dengan yang kamu minati. Jangan asal ikutan banyak orang karena berpikir kalau itu akan mudah buatmu lebih cepat mendapatkan uang. Kamu harus memilih apa yang kamu minati terlebih dahulu, tujuannya agar semua aktifitas itu menyenangkan. Sehingga kamu bisa menjalani dunia blogging ini dengan bahagia.


4. Persiapkan Kemampuan Menulis

Seorang blogger profesional itu haruslah memiliki kemampuan untuk menulis dengan baik. Baik dari sudut pandang tata bahasa, alur cerita, hingga tulisan yang mudah dimengerti oleh pembacanya. Nah, kemampuan itu bisa dipelajari kok. Ada banyak cara untuk mempelajari itu, mulai dari belajar menulis sedikit-sedikit, dan banyak membaca.

5. Belajar Teknis Blog

Ketika kamu ingin masuk ke dunia blogging, maka kamu juga harus mau belajar teknis blog itu sendiri. Suka tidak suka, kamu harus mempelajari itu karena blog adalah sebuah CMS atau content management system yang pastinya membutuhkan pengetahuan soal itu. Paling tidak kamu tahu kemampuan dasar soal database, domain, script, plugin, dan lain sebagainya. Biar sekalian bisa maintenance atau merawat websitemu sendiri.

Persiapan Menjadi Blogger

6. Pengetahuan Lain Soal Blogging

Ketika kamu memutuskan untuk menjadi blogger, kamu juga harus mau belajar pengetahuan lain soal blogging yang mendukung blogmu. Salah satunya seperti SEO, ping, backlink, dan lain sebagainya. Kamu juga harus sedikitnya paham bagaimana caranya menggunakan platform lain di internet yang bisa mendukung blog mu.

7. Mampu Mendesain Blog

Sebenarnya yang satu ini bukan menjadi persiapan menjadi blogger yang harus kamu kuasai. Karena sekarang ini banyak sekali tema gratisan yang bisa kamu pakai sementara untuk blogmu. Atau kalau kamu punya cukup uang, kamu bisa membeli tema seperti yang kamu inginkan. Tapi meski begitu, kamu juga tetap harus punya kemampuan sedikit untuk mendesain blog. Tujuannya jika terjadi sesuatu pada blogmu, kamu tidak khawatir dan bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

8. Tahu Soal Bisnis dan Marketing

Persiapan menjadi blogger yang selanjutnya adalah kamu harus punya kemampuan bisnis dan cara memasarkan barang yang kamu punya. Meski ini hanya blog, kamu juga punya tugas untuk memasarkannya. Karena semakin kamu pintar memasarkannya, maka kamu juga akan mendapatkan trafik yang baik di blogmu dan berefek pada nominal uang yang kamu dapatkan. Jadi, kamu juga harus punya pola pikir seorang pebisnis agar blogmu bisa berkembang dengan baik. Tidak semata-mata menulis saja ya!

9. Harus Selalu Kreatif dan Inovatif

Persiapan menjadi blogger yang berikutnya adalah rasa untuk selalu kreatif dan inovatif. Kreatif artinya kamu punya daya cipta yang besar, dan inovatif artinya kamu berusaha selalu mencari hal baru dan menemukan hal baru. Dua hal itu akan mampu membuat kamu memiliki tulisan yang punya kualitas dan khas atau otentik. Selain itu kamu jadi punya cara baru untuk mempromosikan blog yang kamu miliki. Intinya, inovasi dan kreativitas itu bukan hanya pada kontennya saja, tapi juga pada pengelolaan blogmu.

10. Punya Jaringan Komunitas yang Baik

Secara sederhana, persiapan menjadi blogger juga membutuhkan koneksi yang baik dengan banyak orang. Paling tidak harus memiliki hubungan yang baik dengan blogger lainnya. Apalagi dengan blogger papan atas. Jadi peliharalah semua hubungan baikmu ketika ingin menjadi blogger ya? Karena bisa jadi akan berpengaruh baik untuk blogmu.

Persiapan Menjadi Blogger

11. Punya Kemampuan Berkomunikasi

Sebagai blogger, persiapan menjadi blogger yang selanjutnya adalah punya kemampuan komunikasi yang baik. Kamu setidaknya harus mengerti bahasa Inggris karena ini bisa membantumu untuk expand kontenmu ke area yang lebih luas. Bahkan, kalau kamu tahu, ketika blog mu dikunjungi oleh orang dari negara lain, kamu bisa mendapatkan uang yang lebih banyak.

Itu tadi setidaknya 11 dari sekian banyak persiapan menjadi blogger. Pada intinya kalian harus meniatkan itu pada diri kalian agar ketika di jalan terjadi suatu masalah, kalian stick to the plan. Gimana? Tertarik menjadi blogger? Atau cuma ikut-ikutan? Tanyakan pada diri kalian sendiri dan putuskan yang terbaik

8 komentar untuk "Ini Dia 11 Persiapan Menjadi Blogger!"

Comment Author Avatar
Ternyata untuk menjadi seorang blogger yang sukses itu membutuhkan persiapan. Terima kasih banyak atas pembahasannya mengenai tips menjadi seorang blogger.
Comment Author Avatar
SEO juga merupakan ilmu yang wajib dikuasai para blogger. Terima kasih sudah berbagi, saya tunggu postingan selanjutnya.
Comment Author Avatar
Apakah ada rekomendasi layanan hosting dan domain untuk kebutuhan blogging?
Comment Author Avatar
IDwebhost. Banyak pilihan paket yang murah untuk kebutuhan blogging.
Comment Author Avatar
Apa suka dan dukanya menjadi seorang blogger?
Comment Author Avatar
Suka-nya menjadi seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan. Duka-nya sulit meluangkan waktu untuk membuat artikel baru.
Comment Author Avatar
Upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog?
Comment Author Avatar
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog, misalnya pasang iklan dari Google Adsense, atau menjual jasa content placement/guest post. Beberapa upaya yang bisa dilakukan diantaranya yakni membuat konten yang berkualitas, mengoptimalkan halaman blog, tingkatkan DA (Domain Authority), tingkatkan kualitas SEO, dan yang penting jaga kepercayaan pembaca.

Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.