Cara Menyembunyikan Iklan AdSense di Halaman Pencarian

Cara Menyembunyikan Iklan Google AdSense di Halaman Pencarian Blogger Blogspot Blog

Tutorial blogger kali mengenai Cara Menyembunyikan Iklan AdSense di Halaman Pencarian. Apa jadinya jika halaman pencarian pada situs blog menjadi penyebab akun adsense anda dibanned? Google AdSense merupakan periklanan yang sensitif dalam hal penempatan iklannya. Mereka dapat mengetahui semua aktivitas yang terjadi pada iklan mereka seperti situs yang digunakan untuk menempatkan iklan, isi konten, hingga letak iklan pada sebuah halaman website.

Google AdSense melarang para pengiklannya untuk menempatkan iklan pada situs yang melanggar kebijakan penempatan iklan adsense. Bagi para pengiklan yang melanggar kebijakan tersebut, pihak dari adsense akan mengirimkan pesan berupa teguran yang dikirimkan melalui email. Jike email ini diabaikan, maka langkah selanjutnya adalah menghentikan kerjasama periklanan tersebut selama 30 hari, atau banned selamanya.

Lalu apa hubungannya dengan Halaman Pencarian? Setiap situs web atau blog pasti memiliki fitur pencarian karena fitur ini digunakan untuk membantu pengunjung menemukan artikel tertentu dengan cara memasukkan kata kunci yang dicari.

Kita sebagai pemilik situs tidak akan tahu aktivitas apa saja yang dilakukan oleh pengunjung ketika menggunakan fitur pencarian. Apakah mereka memasukkan kata kunci yang tidak ada kaitannya dengan topik, atau mereka memasukkan kata kunci terlarang.

Menurut kebijakan penempatan iklan adsense, pengiklan tidak boleh menempatkan iklan pada 2 hal. Pertama, pada halaman yang tidak memiliki konten sama sekali, dan yang kedua adalah, menempatkan iklan pada halaman situs yang mengandung kata kunci terlarang.

Kedua hal tersebut bisa terjadi pada halaman pencarian situs. Ketika pengunjung memasukkan kata kunci yang tidak ada kaitanya dengan topik yang dibahas oleh situs, maka halaman pencarian akan menampilkan halaman kosong alias halaman tanpa konten. Selain itu, pengunjung juga bisa saja memasukkan kata kunci terlarang pada pencarian, misalnya kata kunci yang mengandung unsur 18+.

Menempatkan iklan adsense pada halaman pencarian situs blog sangat beresiko apalagi aktivitas diatas bisa saja dilakukan dengan sengaja. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka ada baiknya kita menyembunyikan iklan dari google adsense pada halaman pencarian. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Menyembunyikan Iklan AdSense di Halaman Pencarian



Pertama-tama, kita membutuhkan ID dari widget yang digunakan untuk menampilkan iklan google adsense. Silahkan kunjungi dashboard Blogger, kemudian pilih Tata Letak atau Layout, lalu klik Edit pada widget tempat kode adsense disimpan.

Cara Menemukan Widget ID Blogger
Dashboard Blogger

Pada tahap ini anda sudah berhasil menemukan HTML ID pada widget tempat menyimpan kode iklan adsense. Selanjutnya, kita akan mengubah widget tersebut agar tidak muncul pada halaman pencarian blog. Silahkan pilih menu Tema kemudian klik Edit HTML.

Edit HTML
Dashboard Blogger

Selanjutnya, silahkan klik Lompat ke widget kemudian pilih ID widget tempat menyimpan kode iklan adsense.

Memilih Widget
Edit HTML
Langkah terakhir, silahkan tambahkan kode dibawah ini tepat sesudah kode <b:includable id='main'>.

<b:if cond='data:blog.searchQuery'>

Tambahkan juga kode dibawah ini tepat sebelum kode </b:includable>.

</b:if>

Untuk lebih detail, perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Menyembunyikan Widget pada Halaman Pencarian
Edit HTML

Silahkan simpan template kemudian lihat hasilnya. Untuk melakukan pengujian, anda bisa menggunakan fitur pencarian pada situs blog anda. Jika iklan adsense masih muncul, kemungkinan anda salah memilih ID widget, atau masih mengaktifkan iklan adsense otomatis.

Itulah pembahasan mengenai Cara Menyembunyikan Iklan AdSense di Halaman Pencarian di Blog semoga bermanfaat untuk anda. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini, terima kasih dan semoga berhasil 😉