Cara Menemukan Broken Link di Situs Blog Anda

Cara Menemukan Broken Link di Situs Blog

Cara Menemukan Broken Link di Situs Blog - Broken link atau link rusak merupakan kondisi dimana link yang ada pada halaman website tidak bekerja sebagaimana mestinya. Pengunjung situs yang melakukan klik pada link tersebut umumnya akan dialihkan menuju halaman Error 404 yang menandakan bahwa alamat yang dituju oleh link tersebut tidak terdaftar.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, pemilik situs salah menuliskan alamat url yang benar, terjadi perubahan alamat domain pada situs yang dituju, atau bisa juga disebabkan karena software antivirus yang memblokir link karena alasan keamanan.

Apapun penyebabnya, broken link tidak hanya merugikan pengunjung, tapi juga dapat memberikan dampak yang buruk seperti menurunnya peringkat website di SERPs juga kualitas performa SEO-nya.

Untuk menemukan broken link sebenarnya Anda tidak perlu memeriksa setiap konten satu per satu, apalagi jika website Anda memiliki banyak halaman yang tentu memakan waktu lama. Anda dapat menggunakan alat Broken Link Checker yang ada di internet untuk mencari semua broken link yang ada pada situs web/blog Anda.

Broken Link Checker merupakan alat pemindai yang digunakan untuk menemukan broken link pada halaman website. Alat ini akan bekerja setelah Anda memasukkan alamat situs kemudian hasilnya akan ditampilkan setelah alat tersebut selesai memindai seluruh halaman website Anda.

Cara Menemukan Broken Link di Situs Blog


Langkah 1:

Silahkan kunjungi situs https://www.brokenlinkcheck.com/


Langkah 2:

Selanjutnya, masukkan alamat situs yang ingin Anda pindai, kemudian klik "Find broken links" dan tunggu sampai proses selesai.

Broken Link Checker

Langkah 3:

Setelah selesai, silahkan klik "url" untuk membuka halaman situs dimana broken link tersebut tersimpan.

Broken Link Checker

Pada tahap ini Anda sudah berhasil menemukan broken link yang ada pada situs blog Anda. Selanjutnya silahkan lakukan perbaikan dengan mengedit postingan jika broken link ditemukan pada postingan yang sudah dipublikasikan, atau Edit HTML jika broken link ditemukan pada template blog Anda.

Beberapa broken link checker tool lainnya yang direkomendasikan:



Bagaimana? Mudah bukan? Itulah pembahasan mengenai Cara Menemukan Broken Link di Situs Blog semoga bermanfaat untuk Anda. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.