Perbedaan antara CMS dengan Blog

Perbedaan antara CMS dengan Blog

Tahukah kamu kalau istilah CMS dan Blog itu berbeda? Walaupun blog pada umumnya menggunakan teknologi CMS tapi kedua istilah ini memiliki definisi yang berbeda. Lalu apa perbedaan CMS dengan Blog? Berikut ini pembahasannya.

Apa itu CMS?

Content Management System atau biasa disingkat menjadi CMS adalah software yang digunakan untuk membantu penggunanya membuat, mengelola, dan modifikasi konten pada website tanpa membutuhkan pengetahuan teknis. Penggunaan CMS pada umumnya diterapkan pada aplikasi berbasis online seperti website untuk membantu penggunanya membangun website tanpa harus menulis semua kode dari awal.

Apa itu Blog?

Blog adalah bagian dari website yang berisi daftar tulisan tersusun dalam bentuk post disertai tanggal dan penerbitnya. Blog seringkali bersifat interaktif yang memungkinkan penggunanya dapat saling berinteraksi seperti memberi dan membalas komentar. Blog sendiri merupakan kependekan dari Weblog, yang artinya website terdapat sebuah log layaknya catatan log activity atau buku diary namun dalam bentuk website.

Pada umumnya blog juga dibangun dengan menggunakan teknologi CMS untuk memudahkan pengguna mengelola konten. Sebagai contoh penggunaannya dapat ditemukan pada platform blogging seperti Wordpress, Blogger, Joomla, dan masih banyak lagi.

Apa perbedaan CMS dan Blog?

Singkatnya CMS adalah software sedangkan Blog adalah fitur website. CMS merupakan software yang dapat membantu penggunanya mengelola website tanpa perlu menulis kode pemrograman. Blog merupakan fitur website yang berisi daftar tulisan tersusun dalam bentuk post. Blog bisa disebut sebagai website karena merupakan bagian dari website, sedangkan website tidak bisa disebut sebagai blog jika tidak memiliki atau mengutamakan fitur blog pada websitenya.

3 komentar untuk "Perbedaan antara CMS dengan Blog"

Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.