Cara Terbaru untuk Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog

Cara Mempercepat Loading Blog. Memiliki kecepatan loading dan performa situs yang baik merupakan hal yang sangat penting, bahkan mesin pencari seperti Google dan Bing juga ikut menyertakan kecepatan loading website ke dalam algoritma mesin pencari mereka.

Umumnya, faktor yang membuat halaman website lamat adalah penggunaan javascript eksternal yang berlebihan, penggunaan css yang terlalu banyak, ukuran gambar yang terlalu besar, atau hal lainnya yang dapat memperlambat loading situs.

Ada banyak cara untuk mempercepat loading website, tapi pada kali ini saya akan menjelaskan cara mempercepat loading situs khusus untuk pengguna Blogger.

Cara Mempercepat Loading Blog

Jangan lupa untuk cek kecepatan situs blog Anda di situs PageSpeed Insights atau di Google Test My Site untuk uji kecepatan dan performa situs seluler Anda.

Baca Juga: 5 Website Terbaik untuk Cek Kecepatan Situs

1. Kurangi jumlah penggunaan JavaScript

Penggunaan javascript yang berlebihan dapat membuat loading blog menjadi berat atau lambat. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghapus javascript yang tidak penting dan menggunakan javascript secukupnya saja juga tidak berlebihan.

Cek ukuran javascript template blog disini: https://varvy.com/pagespeed/

2. Kurangi jumlah penggunaan CSS

Sama halnya dengan javascript, penggunaan CSS yang berlebihan juga dapat memperlambat kecepatan blog. Anda bisa menggunakan CSS Minifier Tool untuk membantu mengurangi ukuran CSS yang berlebihan.


3. Perkecil ukuran Gambar

Ukuran gambar yang terlalu besar juga dapat membuat situs blog menjadi lambat. Pastikan ukuran gambar yang akan Anda gunakan memiliki ukuran yang ringan. Saya sarankan gunakan gambar dengan format PNG kemudian kompres dengan Image Compressor Tools yang bisa kamu temukan di internet.

Rekomendasi alat optimasi gambar: Online Image Compressor

Online Image Compressor ini menggunakan kombinasi dari algoritma optimisasi dan kompresi terbaik untuk mengecilkan ukuran gambar dengan format JPEG dan PNG seminimum mungkin namun tetap mempertahankan kualitas gambar.

4. Gunakan gadget secukupnya

Gunakan gadget/widget secukupnya. Pastikan gadget yang kamu gunakan merupakan gadget yang penting saja yang dapat membantu kebutuhan pengunjung, misalnya postingan populer, artikel terbaru, formulir kontak, label, atau arsip blog.

5. Menghapus script tak terpakai

Pastikan didalam template blog Anda tidak menyimpan script-script tak terpakai, karena dengan menghapus kode-kode tersebut otomatis akan membuat ukuran template menjadi kecil, kemudian berpengaruh juga pada kecepatan loading blog ketika dimuat secara online.

Untuk cek ukuran template blog yang sedang digunakan. Silahkan pilih Tema > Backup / Pulihkan > Download Tema, kemudian lihat ukuran file tersebut.

Saran: Hapus semua kode dibawah ini yang terdapat pada template blog Anda.

<b:include name='quickedit'/>

6. Leverage browser caching

Silahkan tambahkan kode dibawah ini tepat sesudah kode <head> atau bisa juga diletakkan sebelum kode </head>

<include expiration='7d' path='*.css'/>
<include expiration='7d' path='*.js'/>
<include expiration='3d' path='*.gif'/>
<include expiration='3d' path='*.jpeg'/>
<include expiration='3d' path='*.jpg'/>
<include expiration='3d' path='*.png'/>

Demikian pembahasan mengenai Cara Terbaru untuk Mempercepat Loading Blog semoga bermanfaat untuk Anda. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini, jangan lupa kunjungi artikel lainnya, terima kasih 😁