Cara Membuat Redirect URL Blog Lama ke Blog Baru

Cara Membuat Redirect URL Blog Lama ke Blog Baru

Bagaimana cara mengalihkan alamat blog lama ke alamat blog yang baru? Mengalihkan URL atau juga disebut Redirect 301 merupakan cara yang digunakan untuk mengalihkan URL situs tertentu menuju URL lainnya yang sudah ditargetkan.

Pengalihan URL ini berguna untuk kamu yang ingin mengalihkan pengunjung dari blog lama yang sudah memiliki lalu lintas dari mesin pencari juga backlink menuju blog kamu yang baru. Dengan begitu kamu tidak akan kehilangan pengunjung walaupun sudah menggunakan domain baru pada situs kamu..

Cara ini tidak jauh berbeda dengan pembahasan saya sebelumnya mengenai Cara Mengalihkan URL Blog ke Beberapa Situs Lain, tapi jika kamu hanya ingin mengalihkan pengunjung dari situs lama saja maka berikut ini caranya.

Apa itu Redirect 301?

Redirect 301 adalah sebuah kode respon yang akan muncul ketika alamat url situs dialihkan dengan alamat url baru yang sifatnya permanen. Redirect 301 bisa kamu gunakan jika ingin bermigrasi dari situs blog yang lama ke situs blog baru tanpa kehilangan lalu lintas dan SEO. Kamu dapat menghentikan pengalihan ini kapan saja.

Cara Membuat Redirect URL Blog Lama ke Blog Baru


1. Silahkan buka Blogger, pilih menu Tema, kemudian klik tombol Edit HTML.

2. Selanjutnya, silahkan salin kode dibawah ini dan letakan tepat dibawah kode <head> pada template blogger kamu.

<script type='text/javascript'>
  var d='<data:blog.url/>';
  d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
  location.href = 'http://panduanblog19.blogspot.com';
</script>

Silahkan ganti alamat blogspot diatas dengan menggunakan alamat blog baru.


Redirect URL Blog Menggunakan Meta Tag Refresh


Ada banyak cara untuk membuat redirect url, salah satunya adalah menggunakan meta tag refresh yang berfungsi untuk memerintahkan browser melakukan refresh halaman menuju halaman yang sudah ditargetkan.

<meta content='3;url=http://panduanblog19.blogspot.com' http-equiv='refresh'/>

Perhatikan kode meta tag diatas. Pada kode tersebut terdapat angka 3 yang berfungsi sebagai hitung mundur atau jeda waktu sebelum melakukan refresh ke halaman yang baru.

Redirect URL Halaman Blog Tertentu Ke Halaman Lainnya


Jika kamu ingin mengalihkan halaman blog tertentu ke halaman lainnya atau mengalihkan ke blog lainnya, maka kamu bisa menggunakan kode dibawah ini.

<script>
if(window.location.href == 'http://panduanblog19.blogspot.com/p/about.html')
{
window.location="http://panduanblog19.blogspot.com";
}
</script>

Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Redirect URL Blog Lama ke Blog Baru semoga bermanfaat, apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini, selamat mencoba. 😁