Cara Mencegah Pencurian Artikel Oleh Blog AGC

Cara Mencegah Pencurian Artikel Oleh AutoBlog

Cara Mengatasi Blog AGC - Pada kali ini saya akan mengajarkan kepada Anda bagaimana cara mencegah atau mengatasi pencurian artikel yang dilakukan oleh spammer autoblog. Sebelum ke pembahasan utama, mari kita bahas terlebih dahulu bagaimana para pemilik situs autoblog ini mencuri konten-konten kita.

AutoBlog atau istilah lainnya adalah Blog AGC (Automatically Generated Content) merupakan situs yang memiliki keahlian khusus dalam hal mencuri konten atau artikel-artikel secara otomatis dengan memanfaatkan metode berlangganan feed artikel melalui email.

Pencurian artikel oleh para pelaku dilakukan dengan membuat media situs khusus yang digunakan untuk menyalin kembali artikel hasil pencuriannya dari situs lain.

Para pelaku ini mencuri artikel milik orang lain dengan cara memanfaatkan fitur feed yang tersedia di Blogger, kemudian menggunakan bantuan RSS reader yang ada di internet untuk mengirimkan umpan dari situs lain ke situs miliknya.

Jadi, modus yang dilakukan oleh para pelaku untuk menyadap artikel adalah melalui feed blog atau RSS Feeds (Rich Site Summary atau Really Simple Syndication). Perlu Anda ketahui, semua situs web atau blog sudah pasti memiliki feed blog, karena digunakan untuk pembaca yang ingin berlangganan artikel terbaru.

Cara Mencegah/Mengatasi Pencurian Artikel Oleh Blog AGC



Langkah 1: Buat Separated Feeds / Umpan Terpisah


Tahap pertama, menutup umpan default pada blog, kemudian alihkan ke FeedBurner. Perlu anda tahu, FeedBurner merupakan layanan manajemen umpan web yang terdiri dari RSS Feed dan alat pengelola untuk blogger dan podcaster, dan aplikasi publikasi lain yang berbasis web.

Cara Membuat Feed/Umpan Terpisah

1. Silahkan buka FeedBurner.
2. Selanjutnya, masukkan alamat url feed default blog Anda:

Untuk Blogger:
http://panduanblog19.blogspot.com/feeds/posts/default/

Untuk Wordpress:
https://panduanblog.id/feed/

Silahkan sesuaikan dengan alamat situs web atau blog Anda!

Cara Membuat Feed/Umpan Terpisah

3. Silahkan klik Next, kemudian ikuti langkah selanjutnya sampai selesai.

Langkah 2: Buat Feeds Summary / Umpan Ringkas


Tahap kedua, selanjutnya kita membuat Feeds Summary atau Umpan Ringkas. Silahkan ikuti langkah-langkahnya.

Cara Membuat Feed Summary atau Umpan Ringkas

1. Masih di situs FeedBurner, silahkan buka menu Optimize, kemudian klik Summary Burner.

2. Selanjutnya, silahkan tentukan jumlah karakter feed. Misalnya 20 karakter, atau 50 karakter. Kemudian tuliskan juga deskripsi feeds dan masukkan alamat situs Anda. Hal ini agar ketika si pelaku pencurian mengambil artikel kita, yang muncul di situs auto blog miliknya hanya isi deskripsi ini dan alamat url situs kita.

Cara Membuat Feed Summary atau Umpan Ringkas

3. Silahkan simpan dan lihat hasilnya pada FeedBurner yang sudah terhubung dengan situs Anda.

Langkah 3: Mengalihkan Default Feed di Blogger

Tahap ke tiga, selanjutnya kita akan mengalihkan feed atau umpan dari blog ke FeedBurner. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Mengalihkan Default Feed di Blogger

1. Silahkan masuk ke dasbor Blogger, kemudian pilih menu Setelan, lalu klik Lainnya.

2. Pada bagian Feed Situs, Izinkan Feed Blog menjadi Singkat, kemudian pada bagian URL Alihan Feed Postingan isi dengan alamat FeedBurner yang barusan Anda buat.

Cara Mengalihkan Default Feed di Blogger

3. Silahkan Simpan Setelan.

Pada tahap ini Anda sudah berhasil mencegah terjadinya pencurian artikel oleh situs AutoBlog atau Blog AGC. Untuk menguji apakah langkah-langkah ini sudah Anda lakukan dengan benar, silahkan kunjungi alamat feed situs blog anda. Apabila secara otomatis Anda dialihkan ke FeedBurner, maka langkah mencegah pencurian artikel ini sudah berhasil.

Contoh alamat url feed situs blog:

http://panduanblog19.blogspot.com/feeds/posts/default/

Contoh alamat url feed situs ini:

https://www.panduanblog.id/feeds/posts/default/

Apa yang terjadi pada situs AutoBlog/Blog AGC setelah kita melakukan trik ini?

Situs spammer autoblog akan hanya bisa mendapatkan deskripsi singkat dari artikel yang disalin secara otomatis, kemudian juga menampilkan deskripsi singkat yang kita buat sebelumnya beserta dengan alamat url situs kita.

Demikian penjelasan mengenai Cara Mencegah Pencurian Artikel Oleh AutoBlog semoga bermanfaat untuk Anda. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.