Apa itu Digital Marketing Enthusiast?

Digital Marketing merupakan bidang pekerjaan yang sedang populer dalam beberapa tahun belakang ini. Ketika berbicara mengenai digital marketing pada intinya adalah aktivitas yang dilakukan untuk mempromosikan sebuah produk, merek, atau layanan dengan memanfaatkan teknologi digital dan internet. Contoh penggunaan teknologi tersebut diantaranya yakni website/blog, media sosial, marketplace, dan masih banyak lagi.

Mari kita bicara mengenai tren Digital Marketing. Semenjak pandemi Covid-19, secara tidak langsung mendorong masyarakat kita untuk semakin nyaman dalam menggunakan teknologi digital. Berbagai aktivitas mulai dilakukan secara online, mulai dari sekolah, bekerja, hingga aktivitas lainnya untuk meminimalisir penularan. Di sisi lain, banyak juga pelaku usaha yang mulai menggunakan teknologi digital khususnya internet untuk kebutuhan pemasaran.

apa itu digital marketing enthusiast

Apa itu Digital Marketing Enthusiast?

Digital marketing enthusiast adalah orang yang memiliki ketertarikan di dunia Digital Marketing.

Apa saja keahlian yang harus dimiliki seorang Digital Marketing?

Jika ingin menekuni profesi Digital Marketing, maka ada beberapa keahlian yang harus dimiliki, diantaranya adalah:

1. Menganalisa kebutuhan

Salah satu keahlian yang harus dimiliki seorang digital marketer adalah mampu menganalisa kebutuhan dan tujuan pemasaran. Seorang digital marketer yang baik harus bisa mengetahui tujuan pemasaran yang akan dilakukan untuk jangka panjang atau jangka pendek, dan strategi apa yang bisa dilakukan.

2. Mengetahui channel marketing

Seorang digital marketing harus bisa memasarkan produk atau layanan melalui berbagai channel digital marketing, seperti website/blog, media sosial, search engine, email, display ads, retargeted ads, dan masih banyak lagi. Beberapa channel tersebut dipilih berdasarkan kebutuhannya.

Generate Code

3. Ahli menggunakan media sosial

Keahlian seorang digital marketer selanjutnya yaitu harus ahli dalam menggunakan media sosial. Yang dimaksud ahli dalam menggunakan media sosial tersebut adalah bukan hanya mampu mendistribusikan konten, tapi juga mampu dalam menjangkau audiensi yang ada pada media sosial tersebut.

4. Komunikasi yang baik

Digital marketing merupakan bagian dari Online Marketing Communication yang bertugas menyampaikan pesan kepada audiensi mengenai merek, produk, dan layanan, dengan tujuan meningkatkan penjualan. Seorang digital marketer yang baik, harus mampu berkomunikasi dengan audiensi agar bisa mengubah mereka menjadi pelanggan.

5. Bekerja sama

Bekerja sama merupakan upaya yang dilakukan bersama antara individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuan bersama. Dalam dunia marketing, seorang digital marketer harus bisa bekerja sama dan membentuk sebuah tim untuk meringankan pekerjaan dan mencapai tujuan bersama.

Itulah pembahasan mengenai apa itu digital marketing enthusiast, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya mengenai digital marketing di situs blog ini. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan meninggalkan komentar pada kolom komentar yang tersedia dibawah ini.

4 komentar untuk "Apa itu Digital Marketing Enthusiast?"

Comment Author Avatar
Pembahasan ini untuk menjawab pertanyaan teman-teman mengenai apa itu digital marketing enthusiast. Istilah yang digunakan pada seseorang yang tertarik dengan digital marketing.
Comment Author Avatar
Sering lihat istilah digital marketing enthusiast di profil orang di linkedin. Pembahasan yang menarik, Thanks.
Comment Author Avatar
Terima kasih banyak atas penjelasannya.

Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.