Cara Membuat Tulisan Perkenalan Diri di Blog

Blog merupakan tempat yang tepat untuk mengekspresikan diri melalui sebuah tulisan. Jika teman-teman terjun ke dunia blogging untuk pertama kalinya, mungkin memperkenalkan diri di blog merupakan langkah awal yang baik agar pengunjung bisa mengetahui siapa pemilik dan penulis blog yang telah dikunjungi.

Memperkenalkan diri di blog bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan pengunjung, bahkan dengan para blogger lainnya yang mungkin bisa berakhir dengan tawaran kerja sama bisnis yang mungkin bisa menguntungkan kamu.

Nah, kalau kita bicara soal perkenalan, khususnya melalui blog, sebenarnya tidak ada aturan baku yang mengharuskan kamu mengikuti aturan tertentu, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya identitas, atau tentang blog yang sedang dikelola.

Kenapa identitas harus diperhatikan ketika memperkenalkan diri di blog? Teman-teman perlu tahu bahwa internet merupakan jaringan yang luas, dan pengunjung blog kamu juga memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari pengunjung yang hanya sekedar mencari informasi, pengunjung yang sedang mencari partner bisnis, bahkan tidak luput juga dari pesaing blog kamu di internet.

Dalam sebuah perkenalan, khususnya di blog, sebaiknya teman-teman tidak mencantumkan identitas yang sensitif, misalnya alamat rumah, alamat kerja secara rinci, apalagi Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau data sensitif lainnya yang mungkin akan berbahaya jika dipublikasikan di internet.

Jika teman-teman ingin memperkenalkan diri di blog, dan membutuhkan ide untuk membuat tulisan perkenalan, pada tulisan saya kali ini akan membahas mengenai cara membuat tulisan perkenalan di blog, beserta dengan contoh dan tips-nya. 

Cara Membuat Tulisan Perkenalan Diri di Blog

Cara Memperkenalkan Diri

Langkah 1: Pada paragraf pertama, silahkan tuliskan secara singkat siapa Diri Anda. Pada paragraf ini teman-teman bisa menuliskan nama lengkap, profesi, atau hobi.

Contoh: "Hai, perkenalkan nama saya Ahmad Farhan, saya merupakan penulis sekaligus pemilik situs blog ini. Saya merupakan seorang blogger yang memiliki hobi menulis dan kebetulan memiliki media blog sendiri untuk berbagi tulisan saya dengan pengguna internet."

Langkah 2: Pada paragraf kedua, tuliskan deskripsi secara singkat mengenai situs blog. Teman-teman bisa mencantumkan nama blog dan topik apa saja yang dibahas di blog tersebut.

Contoh: "Panduanblog.id merupakan media blog yang menyediakan konten mengenai dunia blogging, mulai dari tutorial blogger, tips blogging, search engine optimization, dan topik menarik lainnya yang masih berhubungan dengan blogging."

Langkah 3: Pada paragraf ketiga, tuliskan tujuan atau target kamu untuk menulis dan membuat blog.

Contoh: "Tujuan blog ini dibuat adalah untuk berbagi informasi kepada pengguna internet mengenai dunia blogging, khususnya kepada mereka yang ingin belajar membuat dan mengelola blog."

Langkah 4: Pada paragraf empat, tuliskan rencana yang menentukan kerangka bagaimana tujuan kamu akan terpenuhi.

Contoh: "Untuk saat ini situs Panduanblog.id menghadirkan konten yang berhubungan dengan dunia blogging, seperti tutorial blogger, tips blogging, dan mungkin untuk kedepannya akan ada topik baru lainnya yang masih berhubungan dengan dunia blogging."

Langkah 5: Pada paragraf kelima, tuliskan bagaimana cara agar pengunjung bisa menghubungi kamu.

Contoh: "Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan kirim pesan melalui halaman kontan yang sudah tersedia di blog ini, atau melalui email saya di alamatemailkamu@gmail.com, saya akan segera membalas jika tidak ada halangan."

Nah, itulah cara cara membuat tulisan perkenalan diri. Dibawah ini ada contoh perkenalan yang bisa teman-teman tiru.

Contoh Perkenalan Diri

"Halo, perkenalkan nama saya Ahmad Farhan, atau biasa disapa Farhan, saya merupakan seorang Blogger dari Kota Bandung yang memiliki ketertarikan di dunia Digital Marketing dan Web Development. Saat ini saya sedang aktif menulis di beberapa situs blog yang saya kelola sendiri, dan salah satunya adalah blog yang saya beri nama Panduan Blog ini.

Singkatnya, Panduanblog.id merupakan situs blog yang membahas topik mengenai tutorial blogger, tips blogging, search engine optimization (SEO), dan pembahasan menarik lainnya yang masih berhubungan dengan dunia blogging.

Situs ini sudah online sejak 2017, dengan tujuan untuk membagikan tulisan saya kepada pengguna internet, khususnya kepada mereka yang ingin belajar mengenai dunia blogging.

Saat ini Panduanblog.id menyediakan tulisan yang berhubungan dengan topik yang sudah saya sebutkan diatas, namun untuk kedepannya, saya akan berusaha untuk menghadirkan konten yang lebih berkualitas dan bermanfaat untuk semua orang.

Panduanblog.id juga menyediakan layanan postingan tamu atau guest post yang memungkinkan siapa saja untuk mengirimkan dan mempublikasikan artikel dengan ketentuan syarat yang berlaku. Jika Anda tertarik untuk melakukan kerja sama, silahkan hubungi saya melalui halaman kontak.

Demikian perkenalan singkat mengenai saya sebagai pemilik dan penulis situs Panduanblog.id. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, khususnya mengenai bisnis, silahkan hubungi saya, Terima kasih."

Tips Memperkenalkan Diri

Nah, teman-teman barusan sudah melihat contoh perkenalan diri di blog, selanjutnya ada beberapa tips dari saya yang mungkin bisa teman-teman gunakan ketika menulis perkenalan baik melalui postingan atau halaman statis di blog:

1. Mengenai identitas, sebaiknya teman-teman hanya mencantumkan identitas seperlunya dan tidak memberikan informasi yang lebih mendalam atau sensitif seperti alamat rumah atau kantor secara detail, bahkan kartu identitas seperti KTP atau data lainnya yang mungkin bisa membahayakan teman-teman.

2. Mengenai deskripsi blog yang dikelola, sebaiknya teman-teman mencantumkan topik-topik apa saja yang akan dibahas di blog. Hal ini dilakukan agar pengunjung mengetahui topik pembahasan secara menyeluruh tanpa perlu memeriksa semua konten.

3. Mengenai kontak, sebaiknya teman-teman membuat halaman kontak khusus menggunakan halaman statis di blog, atau teman-teman juga bisa mencantumkan email khusus yang bisa dibagikan secara terbuka di internet.

Kesimpulan

Jadi teman-teman, dalam perkenalan diri khususnya di media blog sendiri sebenarnya tidak ada aturan baku yang mengharuskan kamu untuk mengikuti sebuah aturan. Teman-teman bisa mengikuti cara diatas untuk membuat tulisan perkenalan diri di blog, baik dituliskan kedalam postingan atau melalui halaman statis di blog, misalnya halaman About atau Tentang Kami.

Itulah pembahasan mengenai cara memperkenalkan diri di blog, semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk teman-teman semua, jangan lupa kunjungi artikel lainnya di Panduanblog.id mengenai tips blogging, apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

6 komentar untuk "Cara Membuat Tulisan Perkenalan Diri di Blog"

Comment Author Avatar
Pembahasan yang menarik, terima kasih.
Comment Author Avatar
Terima kasih banyak sudah berkunjung
Comment Author Avatar
Saya setuju dengan tulisan diatas. Yang namanya perkenalan itu tidak ada aturan baku sehingga kita bebas melakukan perkenalan dengan cara kita. Thanks for sharing!
Comment Author Avatar
Bahasan pada tulisan ini menarik dan bermanfaat bagi saya. Terima kasih. Salam dari Mempawah, Kalbar.
Comment Author Avatar
Terima kasih banyak sudah berkunjung
Comment Author Avatar
Terimakasih sudah memberikan tips tentang cara memperkenalkan diri di dalam blog. Semoga semakin sukses blognya

Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.