Apa yang Harus Dilakukan Setelah Mendapatkan Backlink?

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Mendapatkan Backlink?

Apa sih yang harus dilakukan setelah mendapatkan backlink? Ini merupakan pertanyaan yang biasanya diajukan oleh praktisi SEO pemula. Kalau tanya para praktisi SEO berpengalaman, maka jawabannya adalah "Indeks halaman tempat menyimpan backlink-nya". Namun itu tidak cukup. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah mendapatkan backlink, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

1. Pastikan backlink berada pada halaman yang terindeks

Pastikan backlink yang kamu buat disimpan pada halaman situs yang sudah muncul di mesin pencari. Caranya adalah dengan menuliskan "site:alamatsitus.com/postingan" pada mesin pencari. Jika sudah muncul maka kamu sudah membuat backlink dengan benar. Namun jika tidak muncul, bisa juga disebabkan karena halaman masih baru sehingga membutuhkan waktu untuk robot crawler menelusuri dan mengindeks halaman tersebut.

2. Pastikan backlink mengarah pada halaman yang benar

Ini merupakan hal yang penting! Pastikan backlink yang sudah kamu buat mengarah pada halaman yang benar. Perhatikan pada URL yang digunakan kemudian klik link tersebut. Jika mengarah pada halaman website yang benar maka kamu sudah membuat backlink yang benar.

3. Pastikan penggunaan anchor text pada backlink sudah benar

Anchor text adalah potongan text berisi tautan yang dapat di klik. Penggunaan anchor text sangat penting bagi content marketer karena mampu meningkatkan index dan ranking situs di mesin pencari. Biasanya orang-orang menggunakan kata kunci atau nama merek pada anchor text, tapi ada juga yang tidak menggunakannya tergantung dari kebutuhannya. Pastikan kamu sudah menggunakan anchor text dengan benar pada backlink.

4. Pastikan backlink tetap bertahan lama

Tidak semua backlink dapat bertahan lama. Umumnya backlink bisa hilang disebabkan karena situs sudah tidak aktif, atau halaman tempat backlink berada sudah dihapus oleh pemilik situs. Hal ini tentu akan merugikan kamu. Oleh karena itu jika ingin backlink bertahan lama pastikan kamu menempatkannya pada situs besar karena situs-situs tersebut biasanya akan terus aktif dalam jangka panjang.

5. Buat backlink tier ke situs lain

Backlink tier adalah tautan yang bertingkat. Misalnya kamu pemilik website A, kemudian kamu membuat backlink di situs B yang mengarah ke situs A, kemudian dibuatkan kembali backlink di situs C yang mengarah ke situs B. Ini merupakan konsep yang biasanya ditemukan pada PBN (Private Blog Network). Tujuannya adalah untuk membangun relasi backlink yang kuat.

Kesimpulan

Jadi apa yang harus dilakukan setelah mendapatkan backlink? Kamu bisa mencoba beberapa tips diatas seperti mengindeks halaman tempat backlink berada, memeriksa link mengarah ke halaman yang benar, atau membuat backlink tier. Pada intinya kamu harus memastikan bahwa backlink yang dibangun sudah benar dan sudah sesuai dengan yang tujuan kamu.

Demikian pembahasan mengenai hal yang harus dilakukan setelah membuat backlink, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua khususnya untuk kamu yang sedang melakukan link building. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya tentang SEO di blog ini.

2 komentar untuk "Apa yang Harus Dilakukan Setelah Mendapatkan Backlink?"

Comment Author Avatar
Terima kasih banyak sudah menjelaskan hal ini.
Comment Author Avatar
Sama-sama, semoga bermanfaat.

Baca kebijakan berkomentar kami sebelum berkomentar.