Cara Meningkatkan Domain Authority Website

Cara Meningkatkan Domain Authority

Cara Meningkatkan Domain Authority - Ketika berbicara mengenai hal SEO, sudah pasti tidak lepas dari yang namanya SEO On Page dan SEO Off Page, tapi pernahkan anda mendengar istilah Domain Authority, apa pengaruhnya terhadap SEO situs web atau blog, dan bagaimana cara meningkatkan domain authority?

Domain Authority merupakan acuan dari tingkat kepercayaan situs. Beberapa pakar SEO mengatakan bahwa domain authority ini merupakan acuan google untuk memberikan page rank terhadap situs tersebut.

Situs yang memiliki pagerank tinggi sudah pasti memiliki nilai domain authority yang tinggi juga. Oleh karena itu, domain authority juga bisa dikatakan sebagai faktor yang memberikan tingkat kepercayaan mesin pencari pada situs web atau blog tersebut.

Pada panduan kali ini akan menjelaskan cara meningkatkan domain authority untuk situs web atau blog, berikut ini beberapa poin yang akan dibahas mengenai domain authority:

1. Apa itu Domain Authority?
2. Bagaimana cara cek Domain Authority?
3. Bagaimana cara meningkatkan Domain Authority?
4. Hal apa saja yang dapat menurunkan skor Domain Authority?
5. Bagaimana cara mempertahankan nilai Domain Authority?
6. Keuntungan memiliki situs dengan Domain Authority yang tinggi

Mengenal Domain Authority


Domain Authority (DA) adalah skor peringkat mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa baik peringkat situs web pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Tingkat nilai Domain Authority berkisar dari 1 hingga 100.

Domain Authority dihitung berdasarkan beberapa faktor, termasuk dari kualitas backlink yang dimiliki situs tersebut (misalnya backlink yang berasal dari situs dengan tingkat domain authority lebih tinggi dari situs web atau blog anda).

Tingkat Skor Domain Authority:

  • 1-10 Poor. Situs masih baru dan banyak hal yang harus ditingkatkan.
  • 11-20 Decent. Situs layak, tapi masih banyak hal yang harus dikembangkan.
  • 21-30 Fair. Situs memiliki unsur SEO, tapi masih ada hal yang harus ditingkatkan.
  • 31-40 Competitif. Banyak situs startup yang berada tingkat ini.
  • 41-50 Good. Banyak situs e-commerce yang berada pada tingkat DA ini.
  • 51-60 Strong. Situs kuat dalam persaingan.
  • 61-70 Excellent. Situs besar dan sudah banyak diakui.
  • 71-80 Outstanding. Situs mendominasi SERP dan menguasai niche.
  • 81-90 Very Outstanding. Situs berada di atas kekuasaan.
  • 91-100 Rare. Situs yang memiliki tingkat ini adalah Facebook, Wikipedia, Google, Amazon, dan beberapa situs raksasa lainnya.

Cara Cek Domain Authority


Untuk memeriksa tingkat skor domain authority situs web atau blog, silahkan gunakan alat Link Explorer dengan cara memasukkan alamat url situs, kemudian situs tersebut akan melakukan analisis dan penelitian kompetitif.

Anda juga bisa menggunakan beberapa situs alternatif yang menyediakan alat gratis untuk cek skor domain authority dengan cara mengetikkan Domain Authority Checker di halaman mesin pencari.

Berikut situs cek domain authority yang bisa anda gunakan:
Contoh Hasil Analisis Cek Domain Authority
Contoh data hasil analisis Moz


Cara Cek Domain Authority
Domain Authority and Page Authority Checker

Cara Meningkatkan Skor Domain Authority


1. Bangun kepercayaan situs

Hal paling utama dalam meningkatkan domain authority adalah membuat konten yang berkualitas. Semua konten yang anda sediakan harus asli dibuat oleh anda dan tidak dibuat secara asal-asalan, tanpa ada unsur menipu, atau hal lainnya yang merugikan pembaca.

Anda bisa menggunakan bantuan Google Trends dan Google Keyword Planner untuk mencari ide atau menemukan topik konten yang sedang dicari pengguna internet.

2. SEO On Page

SEO memang merupakan hal yang selalu dibahas jika ingin mengembangkan situs web atau blog. Jika anda ingin mengembangkan skor domain authority, maka jangan lupa libatkan unsur SEO On Page pada konten yang anda buat.

3. Membangun backlink natural

Backlink merupakan faktor yang juga mempengaruhi skor domain authority. Carilah backlink yang berasal dari situs lain dengan skor domain authority yang lebih tinggi dari situs anda. Backlink yang paling ampuh untuk menaikkan domain authority adalah backlink yang berasal dari situs yang merekomendasikan halaman web atau blog anda.

4. Perhatikan kecepatan loading situs

Kecepatan loading situs merupakan hal penting yang harus anda perhatikan jika ingin menaikkan skor domain authority. Situs yang lambat membuat pengunjung tidak betah berlama-lama, dan kemungkinan besar mereka tidak akan mendatangi situs anda lagi, tentu ini sangat rugi.

Baca Juga: Cara Terbaru untuk Mempercepat Loading Blog

5. Tingkatkan Keamanan situs

Pengunjung menginginkan koneksi yang aman. Jadi, pertimbangkan untuk mengaktifkan ketersediaan HTTPS untuk menjaga keamanan situs anda dari berbagai serangan yang mungkin bisa memanipulasi data yang ditampilkan ke pengunjung. Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap situs yang dikunjunginya.

6. Manfaatkan media sosial

Manfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, Linkedin, dan lainnya, untuk share konten situs anda. Selain itu, dengan menggunakan media sosial anda bisa menjangkau lebih banyak pengunjung dari internet.

Hal yang dapat menurunkan Domain Authority


1. Backlink dari situs spam

Backlink yang berasal dari situs spam merupakan penyebab paling berpengaruh terhadap menurunnya skor domain authority. Segera cek situs anda menggunakan Backlink Checker untuk menemukan situs spam yang masih menyimpan link situs anda.

2. Konten yang tidak berkualitas

Konten yang tidak berkualitas dibuat secara asal-asalan. Hal seperti ini yang dapat membuat pengunjung segera meninggalkan situs karena konten tersebut bukanlah konten yang sedang mereka cari.

3. Iklan berbahaya

Jangan tampilkan iklan berbahaya pada situs anda. Jenis iklan seperti popup, atau onclick tidak hanya mengganggu saja, tapi bisa berbahaya, bahkan iklan yang ditampilkan tidak sesuai dengan isi konten. Iklan seperti ini sudah pasti mengganggu dan bisa memberikan dampak yang buruk pada situs.

4. Situs yang lambat

Kecepatan situs memang merupakan hal yang perlu diperhatikan. Situs yang lambat selain dapat menurunkan domain authority, juga dapat menurunkan kualitas situs. Segera perbaiki hal-hal yang dapat memperlambat situs anda.

Baca Juga: 5 Website Terbaik untuk Cek Kecepatan Situs

Cara Mempertahankan Skor Domain Authority


Meningkatkan skor domain authority dari 21 sampai 30 tidak semudah menaikkan DA dari skor 1 hingga 10. Untuk situs yang memiliki skor DA diatas 21, sudah saatnya mempertahankan posisi ini dengan mulai rutin membuat konten baru, aktif menggunakan media sosial, optimasi kecepatan situs, dan selalu memperhatikan kualitas backlink yang dimiliki.

Keuntungan Situs dengan skor Domain Authority yang Tinggi


1. Jelas sekali situs web atau blog yang memiliki nilai domain authority yang tinggi sudah pasti memiliki nilai jual mahal yang tinggi. Semakin tinggi skor domain authority, maka semakin mudah untuk mendapatkan posisi pertama di hasil pencarian.

2. Anda mungkin akan menerima banyak tawaran untuk kerjasama content placement yang dapat menguntungkan anda. Mereka yang ingin bekerjasama dengan anda sudah pasti melakukan analisis terlebih dahulu sebelum menghubungi anda.

3. Situs yang populer dan banyak dikenal banyak orang sudah pasti memiliki tingkat DA yang tinggi. Skor domain authority yang bagus juga sebagai pertanda bahwa situs tersebut populer.

Demikian pembahasan mengenai cara meningkatkan domain authority semoga bermanfaat untuk anda. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.