Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA

Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA

Bagi seorang penulis blog, terjadinya pencurian artikel memang merupakan hal yang sering terjadi. Biasanya si pencuri akan menyalin artikel-artikel anda kemudian mempublikasikan kembali di situs miliknya, bahkan yang paling parah, para pelaku ini menggunakan situs blog khusus yang dapat menyalin artikel kita secara otomatis. Situs spammy seperti ini biasa disebut sebagai AutoBlog atau Blog AGC (Automatically Generated Content).

Si pelaku pencurian artikel biasanya beraksi dengan cara menyalin artikel kita secara manual atau menggunakan situs khusus yang dapat membuat kontennya sendiri secara otomatis dengan cara mengambilnya dari situs lain dengan memanfaatkan fitur dari Blogger, dan RSS Feeds yang ada di internet untuk mengirimkan umpan dari situs lain ke situs miliknya.

Perilaku copy paste artikel ini umumnya dilakukan oleh blogger pemula yang merasa malas, tidak tahu cara menulis, atau tidak memiliki kreativitas untuk menulis sesuatu. Orang seperti ini lah yang lebih memilih untuk menyalin ulang artikel dari situs lain dan menampilkan di situs miliknya.

Sebenarnya menyalin tulisan dari situs lain adalah hal yang boleh dilakukan selama kita memberikan keterangan sumber. Kita juga boleh menyalin kembali tulisan dari situs lain dengan memodifikasi tulisannya terlebih dahulu menjadi lebih unik sebelum dipublikasikan di situs kita.

Baca Juga: Cara Mencegah Pencurian Artikel Oleh AutoBlog

Perlu kita ketahui, situs yang mengalami Duplicate Content merupakan hal yang tidak bagus, apalagi jika Anda ingin mengembangkan situs web atau blog.

Bagaimana cara mengetahui situs yang mencuri artikel kita?

Anda bisa menggunakan alat Find Duplicate Content dari Siteliner untuk mengetahui konten mana yang mengalami duplikat pada situs yang Anda kelola.

Bagi Anda yang menjadi korban pencurian artikel, silahkan ikuti tutorial dibawah ini untuk melaporkan situs Blog Copas yang telah mencuri artikel-artikel anda, ke Google DMCA.

Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA



Nah, pada kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan Google DMCA untuk melaporkan situs yang telah mencuri artikel kita. Biasanya tim dari Google membutuhkan beberapa waktu untuk menghapus situs yang mencuri artikel kita. Oleh karena itu, kesabaran juga merupakan hal yang kita perlukan.

1. Silahkan buka halaman Penghapusan Hak Cipta dari Google Webmasters.

2. Silahkan ikuti langkah selanjutnya sesuai dengan gambar dibawah ini:

Cara Melaporkan Blog Copas ke Google DMCA

Silahkan lengkapi informasi kontak anda, jangan lupa isi nama lengkap, pemegang hak cipta, alamat email, dan negara/kawasan.

2. Perhatikan gambar dibawah ini:

Cara Melaporkan Blog Copas ke Google DMCA

Silahkan isi Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta. Anda bisa memasukkan paragraf pertama pada artikel asli Anda yang telah dicuri.

Kemudian pada bagian bawahnya, silahkan Anda isi dengan alamat url dari artikel atau post asli milik anda.

3. Tahap selanjutnya, pada bagian Lokasi materi yang melanggar, silahkan masukan alamat url situs yang menyalin ulang artikel atau postingan anda.

Cara Melaporkan Blog Copas ke Google DMCA

4. Tahap terakhir, silahkan tandai semua Pernyataan Tersumpah, kemudian masukkan keterangan tanggal pelaporan, juga isi Tanda tangan dengan nama lengkap Anda.

Cara Melaporkan Blog Copas ke Google DMCA

5. Silahkan isi Captcha, kemudian klik tombol Kirim.

Pada tahap ini Anda sudah berhasil melaporkan situs blog copas yang mencuri artikel Anda. Selanjutnya, Google akan memproses permintaan Anda dalam waktu kurang lebih 7 hari (Berdasarkan pengalaman 2 hari).

Apa yang akan terjadi pada situs yang dilaporkan?

Situs yang dilaporkan akan mengalami deindex di halaman hasil mesin pencari, bahkan dalam hukuman yang paling berat, situs tersebut akan dihapus oleh Google secara permanen.

Demikian pembahasan mengenai Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA dari Panduan Blog, semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang sudah tersedia dibawah ini.