Cara Menghapus Backlink Spam dengan Benar

Cara Menghapus Backlink Spam

Pada kali ini saya akan membahas mengenai cara menghapus sumber backlink berkualitas rendah atau spam backlinks yang dapat membahayakan situs web atau blog anda jika tidak segera dihapus.


Backlink merupakan hal yang sering kita singgung ketika berbicara mengenai SEO. Backlink juga harus kita perhatikan karena merupakan bagian dari Optimasi SEO Offpage yang sering digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web atau blog di mesin pencari seperti Google.

Backlink selain dibagi menjadi dofollow dan nofollow, juga dibagi menjadi backlink yang berkualitas, dan backlink yang tidak berkualitas.

Backlink yang berkualitas merupakan backlink yang berasal dari situs besar dan terpercaya. Menurut beberapa pakar SEO, backlink berkualitas merupakan backlink yang berasal dari situs web lain dengan tingkat domain dan page authority yang tinggi seperti forum, situs pendidikan, situs berita, dan situs lainnya yang sudah dipercaya oleh masyarakat.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Domain Authority Website

Sedangkan backlink yang kualitasnya rendah berasal dari situs yang melanggar ketentuan, dari website spammy, atau situs yang memang dibuat secara asal-asalan.

Backlink yang kualitasnya rendah memang bisa berakibat buruk pada website. Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan bantuan Disavow Tool untuk menghapus backlink spam atau memblokir backlink spam.

Agar proses penghapusan backlink spam ini bekerja dengan baik, maka anda harus mengikuti prosedurnya dengan benar. Berikut ini pembahasan mengenai cara mengatasi backlink spam pada situs web atau blog. Pastikan situs anda sudah terdaftar di Google Search Console.



Sebelum menghapus backlink spam, pertama-tama, kita harus menemukannya terlebih dahulu dengan menggunakan bantuan alat analisis link seperti Moz, atau menggunakan tools alternatif lainnya yang bisa anda temukan di internet. Berikut ini cara mengetahui backlink spam yang terdapat pada website anda.

Langkah 1

Silahkan buka situs Moz, kemudian login, atau buat akun jika belum terdaftar.

Langkah 2

Pilih menu Free SEO Tools, kemudian More SEO Tools, lalu pilih Link Explorer.

Langkah 3

Selanjutnya, silahkan pilih Spam Score, kemudian masukkan alamat url situs anda.


Cara Menghapus Backlink Spam
Link Explorer

Langkah 4

Silahkan salin kedalam notepad semua url situs yang memiliki skor spam tinggi.

Cara Menghapus Backlink Spam

Contoh:

Contoh Spam Backlinks

Pada tahap ini kita berhasil membuat daftar list situs spam yang masih menyimpan alamat situs kita. Selanjutnya kita akan menghapus backlink yang bersumber dari situs-situs tersebut.


Langkah 1

Silahkan buka Disavow Links dari Google Search Console, kemudian pilih alamat web atau blog anda.

Cara Menghapus Backlink Spam dengan Benar

Langkah 2

Selanjutnya, silahkan pilih Menyangkal Tautan.

Cara Menghapus Backlink Spam dengan Benar

Langkah 3

Silahkan unggah file notepad yang berisi daftar link spam tadi, kemudian pilih Kirim.

Cara Menyangkal Tautan

Selanjutnya, silahkan tunggu sampai prosesnya selesai.

Cara Menghapus Backlink Spam dengan Benar

Pada tahap ini anda sudah berhasil mengirimkan file berisi backlink spam ke Google Search Console untuk selanjutnya di proses.

Ini adalah fitur lanjutan dan sebaiknya selalu digunakan dengan hati-hati. Jika digunakan secara tidak semestinya, fitur ini berpotensi membahayakan kinerja situs Anda di hasil penelusuran Google. Sebaiknya Anda hanya menolak link balik jika Anda yakin terdapat sejumlah link spam, palsu, atau berkualitas rendah yang cukup banyak mengarah ke situs Anda, dan jika Anda yakin bahwa link tersebut menyebabkan masalah.

Demikian pembahasan mengenai Cara Menghapus Backlink Spam dengan Benar semoga bermanfaat untuk anda. Apabila ada hal yang ingin disampaikan, silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini.